Wajah Ciamik Stasiun Cikarang Setelah Revitalisasi

Stasiun Cikarang yang telah bersalin rupa menjadi keren dan megah(dokpri)

 

Dulu sih ke stasiun Cikarang rasanya males banget, kesan kumuh, tak terawat seakan melekat di stasiun yang letaknya berdekatan dengan lokasi Pasar Lama Cikarang. Namun kini stasiun Cikarang telah berganti rupa, penampilan anyar stasiun Cikarang berubah total, kesan kumuh, tak terawat juga kotor telah sirna. Stasiun yang terletak di desa Karangasih, kecamatan Cikarang Utara telah benar benar menjelma menjadi stasiun keren dengan desain modern yang tentu saja membanggakan warga Kabupaten Bekasi.

Saat ini pun stasiun Cikarang melayani jalur Commuter Line yang mulai beroperasi pada tanggal 8 Oktober 2017, namun ada juga lho layanan penjualan tiket kereta api lokal jarak menengah yakni Walahar Ekpress untuk ke arah Purwakarta dan juga Jatiluhur yang menuju Cikampek. Sedangkan untuk Commuter Line yang dahulunya hanya sampai stasiun Bekasi, saat ini stasiun Cikarang menjadi tujuan akhir dari rute Jakarta Kota-Cikarang melalui Manggarai, atau Jakarta Kota melalui Pasar Senen.

Penumpang di stasiun Cikarang sedang menunggu Commuter Line(dokpri)

Stasiun Cikarang sangat mudah di jangkau karena beberapa rute angkot seperti K17 jurusan Cikarang-Cibarusah, K18 Cikarang Sukatani, K38 Cikarang Pelaukan, K 32 Cikarang Sukadanau, K39 Cikarang Cibitung melewati stasiun Cikarang. Sejak Commuter Line singgah ke Cikarang, arus penumpang menuju Jakarta semakin bertambah, hampir setiap hari antrian terus membeludak terutama di jam jam sibuk. Selain itu warga Cikarang kini beralih memakai moda transportasi Commuter Line karena kepraktisannya dan juga waktu  tempuh yang lebih pasti dan tentu saja bebas macet euy.

Interior Stasiun Cikarang pun lebih trendy, di lengkapi lift, eskalator dan juga tangga biasa sangat memudahkan penumpang untuk lalu lang, di ruang tunggu ada satu box untuk mengisi ulang daya handphone lho. Selain itu Musholla di stasiun Cikarang cukup luas untuk menampung jumlah jamaah. Dengan di lengkapi karpet merah yang bersih, hembusan AC dan juga kipas membuat suasana Mushola terasa adem. Ada juga tuh sarung dan mukena yang bisa di gunakan penumpang untuk melaksanakan sholat. Oh Iya di depan pintu masuk Musholla ada sebuah rak sepatu/sendal untuk penumpang lho.

Ada satu hal lagi nih tentang cerita toilet stasiun, ada dua toilet yang bisa di gunakan, yakni di lantai bawah dan juga di lantai atas. Di lantai bawah di sediakan pula Musholla. Untuk kebersihan ada petugas berseragam yang sigap membersihkan areal stasiun, meski begitu sebagai anak kereta nggak boleh dong buang sampah sembarangan dan tentu saja jika perilaku kita, maka tugas kebersihan pun tak terlalu berat, bukankah menjaga kebersihan merupakan tugas bersama kita.

Sebagai warga Kabupaten Bekasi, tentu saja bangga juga punya stasiun kereta api yang megah, saatnya kita pun menjaga bersama keberlangsungaan stasiun Cikarang ini. Dengan memiliki 6 jalur lintasan, jalur dua dan tiga untuk lintasan kereta jarak jauh, sedangkan jalur 5 dan 6 untuk KRL Commuter Line. Nah soal KRL ini, peronnya belum tertutup nih, jika hujan maka pasti deh kehujanan, mungkin ke depannya perlu atap untuk berteduh penumpang jika terjadi hujan, tapi saat kemarin pulang dan hujan turun, petugas Commuter Line membantu memayungi penumpang sih, sebuah layanan lebih humanis deh. Semoga stasiun kereta api kelas I di daerah Kabupaten Bekasi ini terus bebenah agar tampilannya semakin ciamik dan bila kamu kamu mau ke Bekasi dengan cepat serta tepat waktu nggak ada salahnya lho menjajal rute Jakarta Kota-Cikarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *