Suasana areal depan masjid Nurul Islam(dokpri)

Mang Admin jalan jalan nih di sebuah kota yang dahulunya pernah dipunyai secara pribadi,waduh tuh orang tajir banget ya.Namanya Cornelis Chastelein yang merupakan saudagar Belanda yang pernah bekerja di VOC.

Nah kepemilikan tanah inilah menjadi cikal bakal kota Depok saat ini, bukan nyari di mana kuburan mister Cornelis ya, tapi Mang Admin mau nulis tentang masjid nih. Bangunan masjid yang terletak di jalan Kemiri Jaya RT 01/01 Beji, kota Depok. Nah pada tanggal 17 Ramadhan 1418 Hijriyah atau tanggal 15 Januari 1998, masjid ini diresmikan oleh wali kota Depok,bapak Drs.H. Badrul Kamal.

TPA Nurul Islam yang bersebelahan dengan masjid(dokpri)

Masjid yang bersebelahan dengan yayasan Nurul Islam yang mengelola Raudhatul Athfal dan juga Taman Pendidikan Al Quran.Saat tiba di masjid ini, waktu Ashar dan kumandang adzan terdengar.

Jamaah masjid Nurul Islam(dokpri)

Nah mumpung ada di masjid yang baru saja Mang Admin singgahi, muter muter dulu deh di sekitaran masjid, ketempat wudhlu dan melihat toilet masjid, sayangnya pintu tergembok. Jelajah di lanjut ke areal dalam masjid nih, ruangan dihiasi kipas angin dinding untuk mendinginkan ruangan.
Untuk dinding masjid dilapisi granit warna abu abu, karpet merah menghiasi lantai masjid, seperti laiknya rumah ibadah,suasananya terasa adem.

Di samping masjid ada bangunan TK dan juga TPA, ada gambar warna warni khas TK dan juga mainan seperti perosotan,ayunan dan jungkat jungkit.
Areal parkiran masjid tidak terlalu luas tapi bisa lah buat nampung motor di kisaran 30an kendaraan roda dua. Dari mading masjid bisa dilihat ragam kegiatan masjid, mulai pengajian bapak bapak, taklim ibu ibu ataupun kegiatan syiar Islam dalam nuansa seni seperti marawis maupun rebana.

Dalam kegiatan Hari Besar Islam, masjid Nurul Islam pun tak ketinggalan untuk memperingatinya, ada juga lomba lomba yang diselenggarakan panitia untuk memeriahkan acara.

Alhamdulillah Mang Admin bisa singgah ke masjid Nurul Islam, semoga cahaya Islam di daerah Beji tetap terpancar indah dan masjid Nurul Islam menjadi tempat utama pengembangan kekuatan Islam.

Tunggu cerita Mang Admin ya, di masjid lain dan tempat berbeda,Insha ALLAH akan terus Mang Admin tuliskan masjid masjid senusantara yang pernah Mang Admin singgahi. Stay di sini ya di blog jalandanmakanseru.com. Tunggu catatan perjalanan Mang Admin,yuk kita sebarkan keagungan Islam.


Topik Irawan

Topik Irawan

Blogger biasa yang suka jalan dan makan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *