Mie Tek Tek Is The Back

Pedagang Mie Tek Tek Bersiap meracik dagangannya(dokpri)

Generasi 80an atau 90an yang melewati masa remajanya dengan nonton layar tancap mungkin udah paham dengan kulineran rakyat jelata ini. Atau yang doyan melahap bacaan komik karya Tatang S dengan tokoh Petruk dan Gareng, episode Mi Tek Tek dikejar Kuntilanak menjadi bagian seru yang tak terlupakan.


Bukan cerita kuntilanak dan layar tancapnya ya hihihi, namun Mang Admin mau cerita tentang penganan bernama Mie Tek Tek. Sebenarnya makanan ini sama saja dengan mie mie biasa yang kita konsumsi, dagangan yang kerap dijual saat malam hari dan dipikul ini populer karena si tukang jualan memukul tepian wajan sehingga menimbulkan suara “ Tek…tek…tek…tek,” jadi deh di sebut Mie Tek Tek.


Varian Mie Tek Tek ada yang direbus dan di goreng, mie direbus dulu dan dicampur dengan rupa rupa sayuran seperti tomat, kol, seledri serta dilengkapi dengan telor. Setelah itu bahan bahan tersebut diberi bumbu yang telah diracik oleh penjualnya, mirip mirip bumbu nasi goreng deh.
Si mie yang sudah matang dan sayuran serta telor diaduk aduk hingga akhirnya diangkat dari wajan, untuk mie goreng di buang airnya, untuk mie rebus airnya disertakan.

Mengkonsumsi Mie Tek Tek enaknya selagi hangat lho. Saat Mang Admin beli Mie Tek Tek di Abang abang yang jualannya dipikul, seporsi Mie Tek Tek di banderol dengan harga sepuluh ribu, yang unik dari Mie Tek Tek ini dimasak tanpa menggunakan gas yang bertabung “melon”, namun petromax yang dimodif menjadi kompor, jika apinya mengecil maka si kompor pun dipompa agar nyala apinya stabil, bahan bakarnya minyak tanah yang saat ini satu liternya seharga lima belas ribu rupiah.


Wokeh saatnya menyantap lezatnya Mie Tek Tek, kuliner yang saat ini udah jarang terlihat lagi seiring meredupnya pesona layar tancap. Namun ada juga satu dua pedagang Mie Tek Tek yang masih eksis berdagang.
Mengenang kembali dan merasakan nikmatnya Mie Tek Tek dan inilah mie yang bikin Mang Admin kangen masa masa bergerombol dan berburu hajatan yang hiburannya adalah layar tancap, dan pedagang Mie Tek Tek pun hadir menyambut kemeriahan hajatan. Makan Mie Tek Tek seru pisan euy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *