Es Cincau Seger Ala Engkong

Ini nih cincaunya si Engkong yang seger itu(dokpri)

 

Menikmati segarnya Cylea barbata Myers, lho nama apa pula itu? Tenang, Mang Admin mau cerita tentang sebuah minuman sekaligus bisa dikunyah, segarnya pol dan mantab jika di konsumsi saat udara panas dan terik.

Nama latin yang disebut Mang Admin diatas adalah untuk sebutan untuk cincau hijau. Konon kata cincau itu sendiri berasal dari kata “xiancao” dengan dialek Hokkian sienchau, btw lah ragam istilah cincau kita lupakan dahulu.Kulik aja nikmatnya cincau yang mempunyai tekstur lembut kenyal kenyal terus di tambah gula cair dan es serut, mantap juga itu es cincau.

Uppsss…es cincaunya tinggal setengah gelas(dokpri)

Mang Admin punya tukang cincau langganan, kerap dipanggil “Engkong” atau “Babe”, seorang yang gigih mencari nafkah dan berkeliling untuk mencari pelanggan, namun saat ini Engkong lebih memilih mangkal di sekitaran perumahan Sukaraya Indah.

Dengan memakai gerobak, Engkong asyik asyik aja nunggu pembeli,gerobaknya terdiri dari ember yang berisi cincau, es yang telah diserut, stoples berisi gula merah yang telah dicairkan, ada sendok dan gelas, ember untuk mencuci.

Gerobak Engkong dengan dagangan es cincaunya(dokpri)

Soal rasa, bhhhh leker pisan euy. Perpaduan antara kenyal kenyal cincau ditambah segarnya es serut dan dicampur gula merah cair membuat kerongkongan kering pun jadi terasa segar. Menurut si Engkong ia membuat sendiri racikan daun cincau hingga siap jual.

Beberapa pembeli memang mengaku bahwa jualan Engkong memang juara rasa deh, banyak yang kepincut dengan es cincau Engkong, apalagi saat ini ketika kemarau dan udara terasa terik, minum es cincau rasanya gimana gitu…ada seger segernya euy.

Saban hari Engkong mangkal dan tentu saja hal ini yang di nanti nanti pembeli, daun cincau jika diolah dengan baik merupakan minuman berbagai kalangan dan usia, ada yang minum langsung atau pun untuk dibawa pulang, namun apapun itu, tetap saja es cincau Engkong rasanya top markotop lho.
Pengen nyobain segernya es cincau buatan Engkong? Siap siap saja ke perumahan Sukaraya Indah deh, deket ruko yang patokannya mini market In**M**et ya hehe.

Kuliner di Indonesia memang legendaris banget, paling nggak kita jadi tahu bahw leluhur si cincau berasal dari Tiongkok, menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, jadi yang namanya es cincau, keren ya hidup di nusantara tercinta, semua tersedia dan kuliner baik makanan atau pun minuman semuanya enak bingit.

Yup itulah cerita Mang Admin tentang segarnya es cincau Engkong, seperti biasa panteng terus deh soal ngulik makanan dan jalan jalan di blog kesayangan kita semua, masih banyak nih cerita cerita seru tentang kuliner di tempat ya berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *