Bandeng Bakar Dan Botram Gang Arjuna IV

Proses persiapan membakar bandeng setelah dilumuri bumbuIdokpri)

 

 

 

Berbotram ria bersama para tetangga? Kenapa nggak. Salah satu saudara dekat di sekitar kita meski mungkin nggak punya hubungan darah ya tetangga, mereka adalah orang penting dalam kehidupan kita lho, dan Mang Admin merasakan betul hal itu, pernah mendapat musibah saat dalam perjalanan ke tempat kerja dan juga pernah ngalamin beberapa hal yang urgent, ternyata pertolongan pertama yang datang ya dari para tetangga, jadi jangan nafikan tetangga disekitar kita karena mereka adalah real brother hehehe. Bukan melulu urusan berinteraksi ya tapi soal kuliner, tentang Mang Admin mah guyub benar deh.

Satu hal yang pasti kekompakan di Gang Mang Admin itu pol polan, kalau ada tanding antar gang yang diselenggarkan tingkat RT maka semua berpartisipasi, nah Mang Admin mau cerita tentang botramnya Gang Mawar, itu nama gang yang lama lho, saat ini nama gangnya sudah ganti dengan nama gang Arjuna IV tapi soal botram mah nggak ada berhentinya, apa sih botram? Ini nih yang perlu Mang Admin jelaskan, botram itu makan bersama, di gelar didaun pisang dan makannnya rame rame.

Menu andalan adalah ikan bandeng bakar, sudah menjadi pakem alias kebiasaan yang seakan menjadi tradisi, ikan air payau yang bernama  latin Chanos chanos mudah didapatkan, dengan harga bervariasi antara 25 ribu rupiah hingga 35 ribuh rupaiah bisa mendapatkan ikan bandeng segar yang siap untuk dibakar, di sore hari tempat domisili Mang Admin ada kok tukang ikan yang menjual hasil tangkapan nelayan. Ikan bandeng bakar memang asyik untuk disantap rame rame tapi karena tubuh ikan bandeng yang memiliki duri lunak di sekujur tubuhnya ya hati hati saja sih kalau mau disantap. Adapun bumbu bandeng bakar terdiri dari kemiri, ketumbar, cabe rawit, gula dan garap secukupnya, mentega, kecap, bawang putih dan penyedap masakan.

Bumbu yang telah tersedia dihaluskan dan setelah itu siapkan bandeng yang telah dibersihkan, untuk urusan membakar bandeng ada team special di Gang Arjuna IV, ada Pak Irwan, Pak Mulyadi, Pak Slamet, Pak Suhartono dan Pak Arif, lha Mang Admin bagian apa sih, karena Mang Admin nggak bisa ngebedain mana ketumbar mana bawang putih jadi deh tim hore yang ngipasin bara hehehe. Setelah semua siap maka eksekusi pun dimulai, bandeng bakar is ready, perlu ketelitian juga lho soal kematangan dari bandeng tersebut, setelah dioles bumbu maka ikan bandeng pun dibakar.

Botram adalah kegiatan seru makan bareng di gang tercinta(dokpri)

 

 

 

Kepulan asap serta aroma bumbu semakin membuat perut keroncongan deh, tapi nunggu semua ikan bandeng terbakar matang dan setelah semua oke maka botram pun ashiap.Ikan bandeng bakar adunya dengan sambal, nah kalau urusan ini diserahkan kepada Mama Fahri, tapi kalau lagi apes nih sambel level pedasnya nggak ketulungan deh, ikan bandeng disajikan bersama lalapan kol, ketimun dan juga selada, wih botram pun jadi sedap sekejap nih. Maka nikmat mana yang kau dustakan, botram itu keren banget bro, Mang Admin mah bersyukur punya tetangga yang jago bakar ikan bandeng, kebersamaan yang menyenangkan dan mengenyangkan lho. Kalau mau bandeng bakar dan dimakan rame rame, cobe deh kontak Mang Admin, selain bandeng bakar, ayam bakar pun juga sering kita botramkan.

Seru kan masakan rumahan ala Mang Admin, menu ikan bandeng bakar memang sudah menjadi favorit warga Gang Arjuna IV, dua hal yang pasti, sayangi dan cintai tetangga terdekat karena mereka adalah saudara kita, nikmati juga patennya rasa bandeng bakar ala Gang Arjuna IV, mau coba? Yuk mari melipir deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *