Jejak Sejarah Di Keraton Kacirebonan

 Gerbang kayu dengan detail ukiran yang mempesona(dokpri)

 

Jika kita berada di jalan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan Cirebon dan menemukan bangunan kuno dan berpagar beton kokoh diselingi besi berwarna hijau, itulah situs bersejarah yang perlu kamu kulik. Yup kali ini ajak Mang Admin menuju Keraton Kacirebonan, tempat ini salah satu objek wisata di kota Cirebon. Ada dua keraton lainnya yakni Kasepuhan dan Kanoman, kalau ditilik dari sejarah Cirebon, Keraton Kacirebonan didirikan pada tahun 1808 dan termasuk Keraton termuda di bandingkan Kasepuhan dan Kanoman. Yuk ah kita selusuri bangunan bersejarah ini, meski memang Mang Admin kerap wara wiri ke kota Cirebon namun ini kali pertama bisa menjelajahi areal Keraton Kacirebonan.

Ada pintu gerbang yang terbuat dari kayu berwarna coklat dengan detail ukiran yang cukup rumit dan membuat kita berdecak kagum, oh iya Keraton Kacirebonan ini diprakarsai oleh Pangeran Muhammad Haerudin, ternyata sang Pangeran ini nih melakukan perlawanan terhadap kolonial Belanda, wah keren juga ya sang Pangeran. Tapi Mang Admin mau cerita cerita tentang suasana Keraton Kacirebonan yang kayaknya perlu di agendakan jika kamu berada di kota Cirebon.

 

  Salah satu ruangan yang ada di Keraton Kacirebonan(dokpri)

 

 

Luas Keraton Kacirebonan sekitar 2,5 hektare, dan ada dua tempat yang bernama Paseban Kulon dan Paseban Wetan dan fungsi dari Paseban ini adalah untuk menerima tamu atau digunakan juga untuk latihan menari, secara umum bangunan di Keraton Kacirebonan di dominasi warna hijau dan putih. Kita pun dapat menikmati pemandangan Keraton yang asri dengan pepohonan, ada juga koleksi kereta kencana, kursi kursi kayu nan antik dan lemari kuno dan juga payung payung kebesaran.

Ada juga lho seperangkat gamelan dan juga benda benda koleksi kuno mulai dari pedang, tombak atau juga alat pembuat jamu zaman dulu dan koleksi tersebut di miliki oleh Keraton Kacirebonan, yup Keraton Kacirebonan boleh kok di jelajahi dan untuk itu kita harus membayar tiket, ya nggak mahal mahal banget deh Cuma sepuluh ribu rupiah. Nggak rugi deh karena memang benda koleksi koleksi ataupun suasana Keraton Kacirebonan itu keren keren lho, apa yang ada di Keraton Kacirebonan memang tak bisa terlepas dan berkaitan dengan agama Islam.

 

Koleksi gamelan yang dipunyai oleh Keraton Kacirebonan(dokpri)

 

 

Menjelajahi Keraton Kacirebonan seakan menapak tilasi jejak megahnya masa kesultanan di masa silam, inilah potensi wisata yang layak kita apresiasi, Keraton Kacirebonan ditetapkan oleh Pemerintah Kota Cirebon sebagai benda cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Walikota Cirebon Nomor 19 Tahun 2001. Bila ingin belajar sejarah tentang Cirebon ya sempetin mampir di sini nih, kita akan menemukan mozaik tentang masa lalu dari kota Cirebon. Keraton Kacirebonan termasuk objek vital yang dilindungi, salah satu bangunan bersejarah selain Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman dan Keprabonan, sehingga Keraton Kacirebonan di jaga juga oleh pihak kepolisian setempat.

Cirebon itu asyik lho kalau dijelajahi, ada tempat tempat keren yang bisa kamu kulik saat berada di kota Cirebon, Mang Admin sih yes deh untuk Keraton Kacirebonan, tempatnya keren dan juga makin menambah pengetahuan tentang budaya di Cirebon. Yup itulah cerita Mang Admin saat jelajah di Keraton Cirebon, jangan lupa lho pantengin terus perjalanan Mang Admin ke tempat tempat lainnya, tunggu saja, jangan lupa untuk terus mencintai Indonesia karena Indonesia itu keren banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *