Melanglang Ke Kampung Batik Trusmi

Tjakep nih VW Kodok dilaburi aksen batik khas Cirebon(dokpri)

 

 

Pasti dong tahu banget apa itu batik, secarik kain dengan motif aneka rupa dan menjadi bagian kekayaan bangsa Indonesia, meski ada juga lho yang nakal dan mengklaim bahwa batik bagian budaya mereka, dih nggak malu banget deh ngaku ngaku. Kasih tahu aja deh ada tempat yang seru seruan untuk berburu aneka batik, tempat itu namanya adalah Kawasan Batik Trusmi, lokasinya di desa Trusmi, kalau kamu kea rah Cirebon via Plered nah di situ tuh lokasinya, ada perempatan dan juga lampu lalu lintas, gerbang gede berwarna merah bata terlihat jelas, berarti kamu sudah pas untuk ngulik ngulik koleksi batik di Trusmi, cekidot ikuti petualangan seru Mang Admin nyari batik.

Batik Trusmi menjadi produk unggulan yang mempesona(dokpri)

 

Industri batik di Cirebon berkembang pesat dan saat ini Trusmi menjadi tempat ikonik berburu batik, ada kampung batiknya gitu tuh, sepanjang jalan di kanan kiri terdapat showroom showroom yang memajang batik batik khas Cirebonan, konon ini adalah jasa Ki Gede Trusmi yang merupakan pengikut Sultan Gunung Djati yang jago membatik, dan mengajarkannya pada penduduk setempat, beliau pula penyebar agama Islam di kawasan ini, gitu deh ceritanya soal mengapa Trusmi menjadi sentra batik di Cirebon.

 

Sendal dengan motif batik, kreatif sekaligus unik(dokpri)

 

Mang Admin masuk ke gerai Batik Trusmi, ini tempat keren banget deh, semacam one stop shoping center deh, semua tentang batik bisa di dapatkan di sini, yang unik di tempat ini adalah saat kita memasuki areal tokonya, di sambut bro dengan VW kodok, mobil klasik ini didandani dengan motif batik di sekujur bodi mobil, unik unik gimana gitu. Ada beragam batik yang bisa kita dapatkan, misal batik premium dengan harga yang membuat dompet meronta ronta hehe,, ada kain batik panjang dan meteran,batik pria & wanita atau sarimbitan, kain batik tulis. Nggak melulu tentang batik sih di tempat ini, ada juga aksesoris dan juga kerajinan tangan.

 

Souvenir souvenir cantik ini bisa kamu dapatkan di gerai Batik Trusmi(dokpri)

 

Bahkan teh dan gula batu pun di jual di sini, lengkap dengan sepoci pocinya, mau sandal bermotif batik? Ada dong, mau beli oleh oleh khas Cirebon juga tersedia, yang suka benda benda etnik nan unik, ada lho koleksi topeng khas Cirebon seperti Topeng Panji, Topeng Rumyang, Topeng Kelana atau juga Temenggung. Pengelola Batik Trusmi cukup pintar menempatkan barang daganganya dan tempat ini dilengkapiĀ  areal untuk bermain anak, pendopo Tari Topeng, ada juga Nasi Jamblang Mang Dul, Rumah Reflexiologi, pokoknya mah lengkap pisan euy.

Nggak rugi deh Mang Admin main main ke Kampung Batik Trusmi, wisata tipis tipis lah karena Kampung Batik Trusmi lokasinya nggak terlalu jauh dari rumah Mang Admin yang berada di kabupaten Kuningan. Pengen menambah koleksi batikmu? Ya udah kesini saja karena ada banyak pilihan koleksi batik. Tahu nggak sih gaes bahwa tempat yang di kunjungi oleh Mang Admin ini adalah salah satu tempat favorit wisatawan yang datang ke kota Cirebon, nah kan makin banyak pilihan untuk jalan jalan, seru seruan gitu lho sekalian mengangkat martabat dan harkat budaya lokal, kalau bukan kita yang cinta batik, terus siapa lagi, jangan sampai nyesel lho budaya adiluhung negara kita di klaim oleh negara lain, cap cus yuk ke Kampung Batik Trusmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *