Takjub Melihat Megahnya Masjid Agung Al-Ukhuwah

Kolam cantik yang berada di areal tempat wudhlu(dokpri)

 

 

Banyak masjid yang Mang Admin jelajahi, ada ragam keunikan dari sisi bangunan, keanggunan menara hingga luasnya masjid. Masing masing masjid punya keunikan tersendiri, arsitektur yang khas dan juga para jamaah yang hadir adalah warna warni tersendiri di saat Mang Admin berkesempatan mendatangi sebuah masjid. Begitu juga ketika Mang Admin mengunjungi masjid di jantung kota Bandung, masjid yang unik di dekat kantor wali kota Bandung, masjid yang terletak di jalan Wastukencana Nomor 27, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Batu, Kota Bandung.

Dari arah depan bentuk masjid sekilas mirip sebuah perahu yang sedang berlayar atapnya menjulang seperti perahu yang akan menantang ombak, semakin kita masuk ke dalam maka kesan megah pun seakan melekat di masjid ini, di depan masjid tersedia air keran yang didesain untuk siap minum, ke Bandung memang keren euy, di tempat public banyak terdapat keran air siap minum, nah di masjid ini pun tersedia lho.

 

                                                             Tempat wudhlu masjid Al Uhkuwah(dokpri)

 

 

 

Yuk ah kita mengamati masjid Al Ukhuwah, di mulai dengan tempat wudhlu, tempat wudhunya di areal basement, jadi kita harus menuju anak tangga ke bawah, selain tempat wudhlu ada juga lho ruang pertemuan, saat Mang Admin melongok ternyata ada yang sedang acara nikahan, Mang Admin ketika ke Bandung belum ada pandemic Corona ya jadi ngumpul ngumpul masih dibolehkan. Tempat wudhlunya ada berupa tempat duduk dari cor coran atau nggak pakai tempat duduk, boleh deh dipilih.

Nah saatnya melihat lihat megahnya ruang bagian dalam masjid, ternyata ruang dalam masjid di dominasi oleh bahan bangunan kayu dan juga dinding dari kaca, kayu berwarna coklat pada lantai menambah kesan klasik, juga di lantai duanya kayu semua, yang unik dari masjid ini adalah bentuk kubah, seakan atap masjid ini berbentuk kubah semua dengan jalinan besi yang saling terhubung dan rumit, entah siapa yang merancang bentuk masjid ini namun yang jelas jadinya keren gitu deh.

 

Atap masjid yang diperkuat dengan konstruksi besi yang desainnya terlihat rumit(dokpri)

 

 

Mang Admin juga menyempatkan diri ketika waktu Maghrib berada di masjid Al Ukhuwah dan malah kalau malam suasana masjid terlihat syahdu, lampu lampu Kristal menyala dan makin menambah indah masjid, atap masjid bermandikan cahaya dan pantulannya di lantai seakan menjadi mozaik, sempatin juga ke areal lantai dua masjid dan beberapa jenak menikmati atmosfir masjid dari ketinggian, ada tempat jamaah perempuan yang di sekat tirai berwarna hijau, di lantai dua pun panel kayu mendominasi bangunan masjid, malah seakan atap masjid yang di topang besi besi yang jumlahnya ribuan itu seakan bisa di raih heheh, secara arsitektur memang masjid ini mengundang decak kagum.

 

  Jamaah bersiap untuk sholat, perhatikan lantai masjid yang terbuat dari kayu, kesan klasik membuat masjid ini terlihat keren(dokpri)

 

 

Patut berbangga hati  jika warga sekitaran mempunyai masjid nan megah ini, selepas ashar misalnya terlihat para bocah yang usai menunaikan sholat, bermain bola plastic di halaman masjid, dari wajah mereka terpancar kegembiraan. Beruntung banget Mang Admin bisa nyampe ke masjid ini dan menikmati megahnya masjid Al Ukhuwah, ragam masjid yang pernah Mang Admin jelajahi membuat jiwa ini serasa kecil dihadapan Illahi. Tugas kita bersama adalah mengisi shaf demi shaf agar ukhuwah atau persatuan umat Islam selalu terjaga.

Masih mau lanjut jelajah masjid ke masjid, tenang…tenang….tenang wahai pembaca tercinta blog kesayangan ini, Mang Admin tentu akan menyelipkan kisah kisah masjid yang disambangi, dari berbagai penjuru kota Indonesia, karena masjid itu banyak memuat kisah kisah inspiratif yang sayang banget kalau nggak di ceritain, tetap di sini bersama Mang Admin ya, salam ukhuwah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *