Ngejajal Juaranya Empal Gentong Cirebon

 

Berburu kuliner seru di kota udang Cirebon(dokpri)

 

Mang Admin is back! Mohon maaf pisan untuk beberapa bulan terakhir blog tersayang ini agak vakum vakum gimana gitu, tapi di bulan November ini yang kerap di guyur hujan,Mang Admin hadir kembali dan bercerita tentang kulineran seru dan enaknya jalan jalan, berdarma wisata meski tipis tipis saja sih.
Nah kali ini Mang Admin menyambangi tempat seru di Cirebon jeh, nggak jauh jauh deh yaitu mau icip icip khasnya kulineran Cirebon. Tahu dong daerah di ujung timur provinsi Jawa Barat memang punya kuliner legend, salah satunya adalah empal gentong.

Gentong yang terbuat dari tanah liat memang multi fungsi banget, bisa buat menyimpan air, beras eh juga nampung makanan, jadi deh ke Empal Gentong H Apud yang lokasinya di Komplek Pasar Batik, jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Plered-Cirebon.

Halaman parkirnya padat bertanda banyak pengunjungnya nih, dari luar terlihat ada etalase kaca, gerobak kayu dan juga tempat bakaran sate, Mang Admin nyari tempat kosong, Empal Gentong H Apud menyediakan tiga ruangan untuk pengunjung, masing masing disediakan meja panjang dan kursinya, ruang paling depan disediakan kasir untuk transaksi pembayaran.

 

Karena suasana ramai, Mang Admin memilih ruangan paling ujung dan ada background tulisan “Empal Gentong H. Apud” berwarna biru. Saatnya memesan menu nih, karena Mang Admin berempat maka menu yang dipilih adalah, tiga porsi empal gentong, satu porsi empal asem, 10 tusuk sate kambing, dua es jeruk, air mineral dan es teh manis serta kerupuk.

Penyajian di tempat ini termasuk cepat lho, kurang dari sepuluh menit hidangan pun tersaji, maka di meja nomor 74 terlihat sate, empal gentong serta empal asem, yuk ah kita cicipi, secara umum Mang Admin nyicip empal gentong, dari warna nya sih cukup menggoda kuah dengan taburan cincangan dau bawang, warna kuning dan juga santannya terasa banget, potongan daging dan jeroan terasa empuk, untuk rasa empalnya memang juara, khad banget kuliner Cirebon. Kalau empal asem lebih condong ke rasa sop nih.

Sajian empal gentong(dokpri)

Nah yang menurut Mang Admin sih minusnya itu di sate, sepuluh tusuk sate kambing muda di banderol dengan harga empat puluh ribu, tapi kali ini Mang Admin mohon maaf, rasa satenya nggak begitu nendang, bumbu kacang dan dipadukan dengan kecapnya terasa biasa saja tapi by the way mungkin nggak semua hidangan di tempat ini kerasa enak semua, ini lebih ke soal selera. Yang namanya Mang Admin beli, apalagi soal rasa tergantung dari sudut berbeda.

Sate kambing di Empal Gentong H Apud(dokpri)

 

Di hari libur suasana Empal Gentong H Apud terasa ramai, semua tempat penuh, di Cirebon ada tiga lokasi lokasi lho, ada Empal Gentong Pusat yang beralamat di jalan Ir H Juanda 24, Battembat Kecamatan Tengah Tani, ada juga di jalan Tuparev nomor 43 Sutawinangun,Kedawung Cirebon.

Empal gentong dibanderol dengan harga 23 ribu, begitu pula dengan empal asem, untuk sate sapi dikasih harga 50 ribu hingga 60 ribu. Di tempat ini tersedia nasi lengko dengan harga 15 ribu, kalau perantau Cirebon kangen mengudap nasi lengko, ada juga lho bumbunya di sini.

Tagline H Apud Juaranya Empal Gentong Cirebon memang beralasan juga pembuktiannya kena bingit, saat ini tempat makan yang ramai di kunjungi di Cirebon adalah Empal Gentong H Apud, mobil mobil berplat luar kota juga banyak terparkir.

Hampir delapan bulan terakhir pandemi membayangi kehidupan kita selama ini, perekonomian pun tersendat, semoga situasi ini cepat berlalu, pedagang, pekerja dan juga aktifitas lainnya bisa berlanjut normal. Semoga dunia wisata tanah air pun bangkit, maju terus kuliner Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *