Pelindo Bersatu Kolaborasi Lokal Menuju Persaingan Global

 

Pelabuhan yang terintegrasi memudahkan konekvitas wilayah di Indonesia(sumber poto instagram @indonesiaportcorp)

 

Persaingan sengit kompetisi, apalagi sampai berdarah darah malah membuat energi terbuang, belum tentu juga memenangkan hati konsumen, kolaborasi sangat diperlukan saat ini, apalagi di bidang kemaritiman, laut adalah simpul bagi persatuan Indonesia yang selayaknya direkatan dan terintegrasi.

Pelindo bersatu adalah keniscayaan, dengan empat klaster meliputi peti kemas, non peti kemas logistik & hinterland  development serta marine aquipment & port service membuat Pelindo berlari kencang membangun ekonomi dan juga logistik bagi tanah air tercinta.

Masing masing mempunyai keunikan daerah dan juga karekteristik berbeda, namun dengan merawat terus meng up  grade pelabuhan pelabuhan di Indonesia  di mulai dari Sabang hingga Merauke sehingga di masa mendatang penurunan biaya logistik karena efektifitas yang mumpuni.

Biaya logistik turun 20 % dari PDB pada tahun 2024, 10 % pada tahun 2045. Penggabungan Pelindo I hingga IV merupakan kolaborasi lokal menuju persaingan global. Selaras dengan pernyataan presiden Joko Widodo diawal saat acara pelantikan Presiden pada tahun 2014 lalu, bahwa tak akan memunggungi lautan.

Apalagi saat ini negara kita tercinta ingin menggapai asa sebagai Poros Maritim Dunia dengan lima pilar utama yaitu membangun budaya maritim, diplomasi maritim, pengelolaan sumber daya laut, kekuatan pertahanan maritim serta pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim.

AKHLAK Jangkar Progresif Sebuah Perubahan

Berakhlak tinggi dan menjunjung norma kepatutan adalah kunci menjalankan kehidupan, sebuah tagline manis AKHLAK yang merupakan akronim, Amanah, Kompeten, Loyal, Adaptif dan Kolabortif.

Indeks Perilaku Anti Korupsi Indonesia pada tahun 2021 menurut Badan Pusat Statistik berada di angka 3,88. Mendekati angka 5, masyarakat berperilaku semakin anti korupsi. Sedangkan jika lebih dekat ke angka 0, potret masyarakat semakin terbuka untuk peluang korupsi.

Tentu masyarakat Indonesia lebih menginginkan pemangku jabatan di negeri ini tak tembus dengan namanya korupsi. Dengan AKHLAK dan dimana huruf A sebagai huruf pembuka yakni Amanah merupakan pesan yang nyata agar BUMN lebih amanah menjalankan setiap tanggung jawab.

Perubahan lebih baik merupakan impian kita semua, merindu Indonesia yang terus tumbuh tanpa di kotori benih benih keculasan dan mementingkan kepentingan pribadi.Beruntung satu tahun terakhir ada “AKHLAK” yang merupakan filosofi integral menjadi jangkar Progresif untuk meningkatkan kinerja.Sesuatu yang positif tentunya akan didukung banyak pihak.

 

Memangkas Diparitas Barat dan Timur Indonesia

Kekuatan ekspor ditopang dengan pelabuhan nan mumpuni(dokpri)

 

Selalu ada bisik bisik bahwa wilayah barat Indonesia lebih maju dan dimanjakan untuk urusan pembangunan, wilayah timur. Namun jangan tanya soal disparitas atau perbedaan antara wiayah barat dan timur saat era kekinian, kini keduanya berjalan seiring sejalan menuju kejayaan Indonesia. Tak ada lagi dikotomi tentang barat dan timur.

Ketika merah putih berkibar antara wilayah barat  dan timur disana pula terpatri tugas mulia menanti.Seperti area Pelindo I yang secara geografis berhadapan dengan Selat Malaka yang dikenal sebagai jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Atau Pelindo IV yang menjaga wibawa perekonomian Indonesia di timur Nusantara, akan tetap bersinergi secara kokoh mendulang konektivitas secara integral Satu BUMN Pelabuhan. Dimana pun pelabuhannya namun satu yang pasti goal settingnya adalah pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional.

Pelabuhan wilayah barat dan timur akan melakukan Standarisasi Pelayanan Pelindo. Lebih jauh lagi adalah lompatan besar Pelindo bersatu dan wilayah pelabuhan maritim barat dan timur  menyumbang kemampuan bagi Pelindo sebagai operator terminal peti kemas terbesar kedelapan dunia, dengan total throught peti kemas sebesar 16.7 juta TEU.

Yuk gaes jangan lagi berbisik negatif tentang wilayah barat dan timur Indonesia, rasa rasanya diparsitas itu kita buang jauh jauh, saatnya menatap satu Indonesia secara utuh. Makin keren lagi nih kepelabuhan di Indonesia itu telah memanfaatkan teknologi digital, yakni sistem  single truck identity yang terintegrasi trucking company.Ada juga  Centralized Traffic Management System.

 

Integrasi Pelindo Dan Kejayaan Bangsa

Dengan luas lautan 3,25 juta Km2 dan 2,55 juta Km2 adalah potensi yang dimiliki Indonesia, integrasi Pelindo merupakan langkah awal menuju implementasi pasal 33 ayat  3 Undang Undang Dasar 1945 “ bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya di kuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar besarnya kemakmuran rakyat.

Survey membuktikan bahwa 96 % karyawan Pelindo menyatakan setuju bila jika Pelindo melakukan penggabungan. Bukan melulu tentang masalah kesejahteraan, namun visi ke depan adalah kekuatan maritim Indonesia pada umumnya akan mempunyai kekuatan secara global. Pelindo menuju perusahaan kelas dunia bukanlah mimpi di siang bolong, dengan penggabungan Pelindo adalah langkah keren dan langkah efektif merupakan kunci negara Indonesia yang kita cintai meramaikan persaingan global.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *