Membumi Dalam Kearifan Lokal Menggapai World Class University

Kampus Unair, disinilah calon pemimpin bangsa menuntut ilmu(sumber poto:instagram @univ_airlangga)

 

Anak muda di seluruh penjuru tanah air pasti mempunyai kebanggan tersendiri bisa mengecap pendidikan bermutu dari universitas terbaik yang memiliki reputasi sebagai World Class University, karena tak mudah bagi universitas di Indonesia memiliki pencapaian tersebut, dari yang sedikit itu ada nama Universitas Airlangga yang menggengam titel prestisius itu.

Pemuda adalah lokomotif perubahan, ditempa dalam tradisi akademi yang mumpuni namun tak juga melupakan akar budaya lokal, berpikir global namun perilakunya tetap membumi. Mereka yang saat ini menimba ilmu, 24 tahun kemudian ketika Indonesia merdeka yang ke 100, sangat mungkin menjadi pemimpin negeri ini.

Univeristas yang berdiri pada tanggal 10 November 1954, memiliki Academic Reputation yang mencakup kolaborasi riset dari berbagai negara. Employer Reputation dimana kualitas lulusannya diperhitungan dalam kesempatan kerja dan berkarier, yang terakhir adalah Faculty Indentity Rasio, point pemeringkatan yang progresif , hingga saat ini Unair termasuk nomor empat peringkat nasional dan universitas nomor 456 top dunia.

Nusantara bertabur kearifan lokal dan juga mencakup sosial dan budaya setempat, bahwa peraturan, mitos, simbol, adat, norma serta nilai yang di pegang teguh masyarakat di Nusantara memiliki filosofi merawat alam secara bijak lestari. Uniknya hal ini selaras dengan 17 point Sustainable Development Goal yang di miliki Universitas Airlangga.

Seperti contoh SDG 15 yang memuat upaya universitas yang melindungi, meningkatkan ekosistem darat, penghijauan hutan, menghentikan kegiatan penggurunan serta melindungi keaneka ragaman hayati. Kearifan lokal secara turun temurun faktanya mampu melindungi alam dari kebencanaan karena keserakahan manusia.

 

Hijau asri dengan suasana pepohonan rindang, kampus Universitas memiliki pemandangan yang menentramkan(dokumentasi poto: instagram @univ_airlangga)

 

Ketika saat ini anak anak muda seakan dalam masa krisis kepercayaan karena gempuran ragam budaya asing yang sangat gampang diakses karena mudahnya koneksi internet. Budaya lokal yang begitu kaya di tanah air sebenarnya menjadi kunci untuk identitas dan ideologi bangsa, semua bisa dilakukan melalui pendidikan kampus dari Universitas Terbaik seperti Unair.

Indonesia yang adil dan beradab bukanlah pepesan kosong, dengan pengalaman lebih dari enam dekade dan telah mencetak ribuan akademisi. Universitas Airlangga memberikan peran yang signifikan untuk Indonesia tercinta, terbukti banyak alumni Unair menjabat pos pos penting di pemerintahan dan memberi kontribusi positif.

Visioner menjadikan kampus Unair sebagai sebagai univeristas mandiri serta inovatif, berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi namun tetap mengedepankan moral agama. Saatnya Universitas Airlangga terdepan di zona integrasi menuju wilayah bebas korupsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *