Legitnya Dongkal Yang Perlu Kamu Cobain

Kue Dongkal yang berbentuk kerucut(dokpri)

Lupakan kesemerawutan wilayah Bekasi, jalanan yang bergelombang atau juga kepala daerahnya yang ditangkap KPK gegara kasus suap.Meski sering kali Bekasi disergap macet,walau lalu lintasnya nggak jelas,namun Bekasi tetaplah tempat yang ngangenin.

Nggak percaya? Tanya aja deh ama warga yang nempatin Bekasi, pasti mereka ngacung alias angkat tangan, bahwa Bekasi adalah tempat asyik hehe. Kali ini Mang Admin mau ngulik kue klasik yang ada di Bekasi. Sebenarnya sih kue ini ada juga lho di wilayah Jawa Barat seperti Cianjur,Bogor dan Sukabumi.

Dan nama kue ini adalah Dongkal, ada juga yang menyebutnya sebagai Dodongkal.Kalau di daerah Priangan, kue ini kenal sebagai kue Awug. Apapun penamaanya kalau udah nyoba bisa ketagihan nih hehe.

Baeklah,Mang Admin udah lama juga ngelacak keberadaan kue legendaris ini di seputaran Bekasi,sebagai kue jajanan pasar sudah jarang orang orang menyajikan Dongkal.Tapi Mang Admin cukup beruntung bisa icip icip kue Dongkal, ada yang mangkal pakai gerobak dan menjajakan Dongkal di wilayah Cikarang.

Saatnya ngejajal Dongkal made in Cikarang, tukang Dongkal ini berada di sekitaran Jalan Ki Hajar Dewantara-Pilar,kalau menuju Sukatani letaknya di sisi kiri jalan.Biasanya tukang Dongkal hadir di waktu sore hingga malam.Dongkal berbentuk kerucut,secara phisik mirip dengan bentuk tumpeng,yup Dongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus dengan gula aren sebagai isiannya.

Di olah dengan tempat yang disebut sebagai aseupan begitu orang Sunda menyebutnya,di kukus didandang.Setelah matang,Dongkal berbentuk unik yakni warna merah dan juga putih,belang belang gitu deh. Di campur dengan parutan kelapa widihh mantab dah,apalagi alasnya di daun pisang.

Dongkal pas mantab disajikan hangat dan sebagai teman ngopi atau ngeteh.Di tempat penjual Dongkal ada dua varian harga yakni lima ribu rupiah dan sepuluh ribu rupiah.Sebuah harga yang pantas untuk kue yang sudah jarang dijajakan ini.

Nyicip kue Dongkal itu sesuatu banget(dokpri)

Nah gitu deh cerita Mang Admin tentang kue klasik bernama Dongkal.Keragaman kuliner nusantara memang nggak ada matinya,pokoknya untuk urusan makanan mah Bekasi juga punya sajian keren bernama Dongkal.

Harap bersabar,ini ujian jika menemukan jalanan Bekasi yang rusak.Tapi Dongkal Bekasi memang ngangenin gitu lho.

Penulis: Topik Irawan

Blogger biasa yang suka jalan dan makan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *