Mengenal RS Mitra Keluarga Bekasi Timur Yang Memiliki Pusat Pelayanan Jantung & Pembuluh Darah Terpadu

Nara sumber Health Talk memberikan penjelasan kepada blogger(dokpri)

Mendapatkan kesempatan istimewa hadir dalam acara Health Talk dan di lanjut dengan hospital tour adalah sesuatu moment yang luar biasa, pada tanggal 24 Agustus 2019 akhirnya terlaksana jua, akhir pekan seusai pulang dari kerjaaan segera meluncur ke Rumah Sakit Mitra Keluarga, karena lokasinya berada di kota Bekasi maka bisa tepat waktu, registrasi dan sebelum acara di mulai, para blogger dipersilahkan untuk santap siang. Terlihat juga beberapa blogger telah hadir seperti Mbak Eva Butar Butar yang datang dari Depok, ada Mbak Natara yang duduk semeja dengan Mbak Novita. Beberapa blogger Jakarta pun terlihat mengikuti Health Talk ini, suasananya akrab, hangat dan juga menyenangkan.

Sebelum dimulai acara, tim K3 yang di wakili Pak Haryanto memberikan pengetahuan tentang petunjuk keselamatan di area gedung rumah sakit, selanjutnya pembawa acara memanggil nara sumber Health Talk yakni dr. Faris Bassamalah Sp.JP(K),FIHA, FAPSIC,FasCC, dr.Fritz Sumantri, Sp.S, FINS dan juga dr. Danny Pratama, Sp.B(K)V. Ternyata meski berkecimpung di dunia kesehatan, awak crew Bincang Sehat yang nota bene adalah para ahli medis, paramedis dan petugas  memiliki selera humor yang mumpuni sehingga Health Talk terasa sangat singkat.

Moderator acara yang di bawakan  dokter Rachelia Salanti mampu membuat suasana cair dan interaksi antara nara sumber dan juga blogger terasa mengena, beruntung bisa mengikuti Health Talk yang di selenggarakan Rumah Sakit Mitra sehingga “gelas” pengetahuan tentang angiografi dan bagaimana cara diagnostik serta terapinya bisa dipahami meski belum begitu familiar dengan istilah istilah seperti Bioresorbable Vascular Scaffold, Accute limb ichemia atau Neurointerventional Prosedures, paling tidak pemaparan narsum telah memberi gambaran secara umum bahwa penanganan secara benar, maka kesembuhan pun adalah keniscayaan.

Stroke Mengintai Tak Mengenal Usia

Menjadi tahu ketika dr Fritz Sumantri memaparkan bahwa stroke salah satu penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia menurut Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, stroke terdapat dua macam tipe yakni penyempitan atau iskemik dan pendarahan, setiap orang memiliki faktor resiko stroke, ada dua faktor resiko stroke yakni yang bisa di modifikasi dan tidak bisa di modifikasi, contoh hal yang tidak bisa di modifikasi yaitu faktor usia, genetika atau pun jenis kelamin. Sedangkan yang bisa di modifikasi berkaitan dengan pola perilaku seperti kurangnya berolah raga, stres, minum alkohol, merokok.

Usia stroke saat ini semakin muda, ada pasien dr Fritz berasal dari Papua baru berusia 11 tahun kena stroke, bahkan dalam kasus lainnya yakni seorang bayi yang berusia tiga bulan kena stroke pendarahan. Dalam penanganan stroke peran keluarga sangat membantu, selain itu juga yang penanganan di rumah sakit menjadi faktor yang harus di perhatikan, Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur dengan layanan Angiografi yang di miliki, juga tenaga medis dan paramedis yang bolehlah untuk diadu.

Serangan Jantung  Dan Pasang Ring Jantung Apa Dan Bagaimana Penanganannya

Dalam beberapa scene film maupu sinetron ditampilkan orang tetiba memegang dada dan digambarkan kena serangan jantung. Yuk saatnya cara tahu tentang apa itu serangan jantung kepada ahlinya dan  dengan mengikuti Health Talk yang  diadakan oleh RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, jadi paham tentang serangan jantung yang terjadi dan bagaimana pasang ring jantung. Berterima kasih pula untuk dr Faris Basamalah yang telah memaparkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Terhambatnya alirah darah ke otot jantung mengakibatkan serangan jantung, kondisi inilah penyebab utama jantung koroner karena tersumbatnya pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.

Adapun pengobatan serangan jantung dapat dilakukan dokter dengan cara pemberian obat obatan dan juga pemasangan ring jantung, penanganan yang terlambat dalam serangan jantung akan membawa dampak berupa komplikasi sampai merenggut nyawa, adapun komplikasi tersebut berupa aritmia, jantung robek, gagal jantung. Penjelasan tentang serangan jantung oleh dr Faris Basamalah semakin menemukan korelasi disaat para blogger memulai hospital tour di ruangan angiografi.

Sten atau juga ring jantung berupa tabung kecil yang mampu mengatasi penyumbatan pembuluh darah di jantung, meski berukuran mungil namun mempunyai fungsi vital agar pembuluh darah yang tersumbat bisa lancar kembali. Dengan kelengkapan peralatan canggih yang dimiliki oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur, pemasangan ring jantung dapat dilakukan dengan sangat baik sehingga kondisi pasien yang mengalami serangan jantung memiliki peluang sembuh.

Varises Muncul Jangan Disepelekan Lho

Bahkan secara berkelakar dr Danny Pratama mengatakan ibunya pun tak tahu dokter spesialisasi apa yang ditekuni anaknya, diterangkan panjang lebar jua dan yang satu di ingat yaitu anak tercintanya adalah dokter varises, begitulah awal dari perbincangan dalam Health Talk, dokter humoris yang hobi mendaki gunung dan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara 2002. Bedah vaskuler menangani masalah vaskular, atau arteri dan vena.

Dalam  bedah vaskuler ditemukan kasus varises yang ada tindakan operasi dan ada juga penggunaan laser untuk menyembuhkan varises, jangan pula kita abai jika varises muncul dan juga di sepelekan tentang varises tersebut. Yang perlu kita waspadai penyakit yang berkaitan  dengan vaskuler  seperti diabetes, tumor , stroke ataupun hipertensi. Jika penyakit tersebut dibilang komplek maka upaya yang bisa dilakukan adalah dengan pembedahan.

Perlu nggak sih melakukan pembedahan vaskuler itu? Sangat mungkin bedah vaskuler dilakukan agar ada perbaikan aneurisme aorta. Pembedahan vaskuler dapat di gunakan terapi penyakit vena seperti Trombosis Vena Dalam, Varises Vena atau pun Luka Vena. Penjelasan dr Dany Pratama memberikan pencerahan tentang bedah vaskuler dan endovaskuler yang selama ini masih awam bagi penulis.

Hospital Tour Mitra Keluarga Bekasi Timur

Hal yang di tunggu tunggu pun tiba, usai ketiga nara sumber memaparkan presentasi, saatnya meninggalkan ruangan auditorium di lantai lima untuk sementara. Saatnya menuju lantai dua dan mencari tahu salah satu layanan unggulan yang di miliki RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, para blogger diberi kesempatan untuk menjelajahi Laboratorium Katerisasi(Angiografi). Jadi teringat serial ER atau Emergency Room, serial televisi yang bertema medis, bedanya ini di Bekasi lho dan peralatannya canggih bener. Ternyata di Bekasi ada sebuah rumah sakit yang memiliki peralatan modern dan tentu  juga kecanggihannya.

Ibu Tuti Murniatun yang bertugas di ruang Angiografi dan juga Mas Wawan Rosadi sangat terampil memaparkan detail tentang laboratorium katerisasi yang terbagi dari beberapa ruang seperti ruang persiapan, ada tempat cuci tangan steril, ruang monitor yang terdiri dari beberapa layar lcd untuk hemodynamic monitoring, ruang dokter. Yang bikin penasaran adalah ruang tindakan dengan beragam set peralatan kedokteran yang membuat penulis terkagum kagum. Ada alat yang bernama Intra Aortic Ballon Pump, yang membantu pasien ketika mendapat gangguan dengan tekanan darah hemodynamic dapat di bantu dengan alat tersebut.

Para blogger tak henti hentinya berdecak kagum ketika berada di meja tindakan yang berada di posisi sentral ruangan, dengan terampil ibu Tuti menerangkan bagaimana fungsi dari meja tindakan yang bisa digerakan dan di arahkan sesuai keperluan, di bagian atas meja tindakan terdapat alat x-ray untuk mengambil filmnya. Digambarkan juga dengan penjelasan rinci posisi pasien ketika sedang menjalani operasi, sehingga para blogger pun menjadi mahfum bagaimana jika seseorang sedang di posisi operasi.

Rasanya surprise banget berada di ruangan yang di lengkapi peralatan kesehatan untuk pemeriksaan jantung, Ibu Tuti menerangkan bagaimana menggunakan stent koroner, pemasangan alat pacu jantung atau juga pemeriksaan dengan peralatan lengkap yang di miliki Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur. Hospital tour dengan meninjau langsung laboratorium katerisasi menjadi paham bahwa peralatan yang di miliki Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur bukanlah kaleng kaleng.

Dengan segala peralatan yang serba canggih dan juga pelayanan nan humanis dan penuh  dengan cinta, sangat wajar pada akhirnya RS Mitra Keluarga Bekasi Timur mendapatkan Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit dengan raihan sertifikat Paripurna Bintang Lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Selain itu RS Mitra Keluarga Bekasi Timur juga menerima sertifikat halal dari MUI, sertifikat lain  yang di terima yaitu ISO 9001:2008. Penerimaan sertifikat ini adalah sebuah bukti bahwa memang RS Mitra Keluarga powerpull untuk urusan pelayanan kesehatan di wilayah Bekasi.

Keseruan  Menyenangkan Yang Tak Terlupakan

Mendapat pengetahuan tentang pemeriksaan pembuluh darah atau angiografi sudah, dapetin juga jamuan makan siang dengan menu menu menggugah selera, di lanjut hospital tour bersama para blogger yang membuka cakrawala baru tentang pelayanan Rumah Sakit Mitra Keluarga yang memiliki tagline “life.love.laughter” yang memilik komitmen melayani kesehatan masyarakat sebagai keluarga sendiri. Waktu yang berlalu antara jam 12 siang hingga jam enam petang merupakan keseruan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Di penghujung acara ada game seru yakni kahoot, quiz interaktif dengan pertanyaan yang di jawab di ponsel pintar masing masing blogger, yang mampu mengumpulkan point terbanyak maka dialah sang juara, ada tiga pemenang dengan raihan point terbanyak. Dilanjutkan kemudian dengan adanya door prize yang memakai sistem “roda rezeki”, nama nama blogger di putar dan ketika jarum berhenti di nama tersebut maka ia pun berhak mendapatkan hadiahnya.

Ternyata acara Health Talk dan Hospital Tour memang membawa keberuntungan, penulis pun mendapatkan hadiah berupa Elvasense yakni sebuah piranti yang mengubah ponsel pintar menjadi alat monitor gula darah canggih. Terima kasih untuk semua teman teman yang bertugas di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur yang ramah ramah mendampingi kami para blogger, acara Health Talk dan Hospital Tour pun menjadi acara yang tak terlupakan, terima kasih juga untuk para dokter yang telah menjadi nara sumber.

2 Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *