Laksa Ketupat Dengan Kuah Yang Menggoda

Tukang laksa mempersiapkan dagangannya(dokpri)

 

Oncom dipenyetin, potongan lontong, irisan daun kemangi, tahu serta bihun serta tauge, kuah kuning dengan aroma bumbu yang begitu menggoda, pinggiran mangkuk tersisa luapan kuah, di satu sore dibawah pohon yang persis tumbuh di depan kantor polsek Cikarang.

Hayo tebak Mang Admin sedang ngapain sih? Pembaca blog tercinta yang semoga diberkahi keselamatan. Kali ini Mang Admin ngejajal jualan pinggir jalan, murah meriah dan juga seger kuahnya endes, penganan legendaris bernama laksa, konon makanan ini gabungan unsur khas dari Tiongkok dan juga Melayu. Akar bahasa laksa berasal dari kata Sansakerta yakni laksha yang berarti banyak.

Satu porsi laksa di banderol 8k, murmer banget bro(dokpri)

By the way ya darimana pun kuliner ini berasal, yang jelas kekayaan kuliner ini patut di cicipi karena rasanya enak lho. Selain itu harganya memang terjangkau, saat Mang Admin menyodorkan uang dengan pecahan sepuluh ribu, eh di kembalikan oleh si Mamang tukang jualan laksa dengan uang dua ribuan.

Berarti satu porsi laksa di jual dengan harga delapan ribu rupiah. Laksa memang nggak sebanyak ketoprak saat mangkal mencari pembeli, yang dagang laksa di kawasan Cikarang juga bisa di hitung dengan jari.
Saat Mang Admin googling tentang ragam kuliner tentang laksa, ternyata laksa banyak variasinya lho, ada laksa Penang,ada laksa Betawi, laksa Bogor, laksa Tangerang. Jika dari teksturnya sih laksa yang admin kudap kemungkinan adalah laksa Bogor karena menyertakan oncom dalam isian laksa.

Yang bikin penasaran Mang Admin nih ya kuah laksanya itu lho, kuah kuning dengan bumbu yang terasa enak di lidah, bumbu kuah laksa ternyata dari bumbu bumbu yang mudah di dapat seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, kunyit, ketumbar. Wah ternyata banyak juga ya, pantes saja kuahnya terasa segar dan juga tekstur warnanya terlihat kuning unyu unyu hehe.

Dengan harga yang dibanderol delapan ribu per satu mangkok, kejangkau banget deh dan keitung jajanan murah meriah. Satu porsi laksa dengan lontong didalamnya cukup mengenyangkan, termasuk makanan berat nih laksa mah.

Mau nyobain laksa? Bisa datang lho di depan kantor Polsek Cikarang yang berada di jalan Gatot Subroto nomor 2 Cikarang, di situ ada tukang laksa yang memakai gerobak saat mangkal.

 

Perpaduan kuah dan bumbu sehingga laksa menjadi endes(dokpri)

 

Udah ya cerita tentang enaknya laksa, nanti bakal banyak cerita seru dan heboh dari balik lezatnya sebuah kuliner yang ada di tanah air, pantau terus kisahnya di blog tercinta ini, yuk kita cintai dan apresiasi ragam kuliner yang ada di tanah air, maju terus kuliner di nusantara.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *