Masjid Agung Nurul Hikmah Komplek Pemda Kabupaten Bekasi

Serambi masjid dengan pilar kokoh berwarna putih(dokpri)

 

Lokasi masjid memang berjauhan dengan pemukiman penduduk, yang terdekat adalah perumahan Deltamas, masjid Agung Nurul Hikmah berada diantara bangunan pusat pemerintahan kabupaten Bekasi di wilayah desa Sukamahi, kecamatan Cikarang Pusat.

Beduk yang menjadi ciri khas di masjid di seluruh nusantara(dokpri)

Ketika Mang Admin mengunjungi masjid ini, sedang terlihat pengecatan di bagian serambi masjid. Masjid Agung Nurul Hikmah memiliki dua lantai bangunan, untuk daya tampung masjid sekitar 1500 jamaah sih bisa tertampung mengingat luasnya areal masjid.

 

Ruang utama masjid Nurul Hikmah(dokpri)

 

 

Pembangunan masjid Nurul Hikmah berbarengan dengan gedung gedung di sekitar masjid seperti kantor bupati Bekasi, kantor DPRD Kabupaten Bekasi, kantor Bawasda, kantor Kejaksaan hingga kantor Kepolisian.

Tempat Imam dan juga mihrab untuk khotbah(dokpri)

Komplek Pemda Kabupaten Bekasi beroperasi sejak tahun 2004 seiring pemekaran kota Bekasi dan terpisahnya adminitrasi kota dan kabupaten Bekasi. Jika melihat arsitektur masjid, dari kejauhan akan terlihat tiga buah kubah berwarna putih, semakin kita mendekat akan terlihat kemegahan masjid ini.

Dua selasar mengapit masjid, salah satu diantaranya ada bangunan yang merupakan sekretariat DKM Masjid Agung Nurul Hikmah, ada beberapa tempat wudhlu yang tersebar sehingga memudahkan jamaah untuk bersuci.

Pintu masuk masjid dari arah depan dan juga samping, dengan corak kaca patri dan pintu ganda sehingga terlihat leluasa ketika memasuki masjid. Ruangan utama masjid ditopang empat pilar utama, ada tujuh lampu kristal yang menghiasi masjid sekaligus sebagai alat penerangan di waktu malam.

Karena udara di daerah kawasan industri memang panas, masjid Nurul Hikmah dilengkapi pengatur udara di setiap sisi ruang utama masjid, ada pula kipas angin agar jamaah tidak terlalu kepanasan.
Ruang untuk posisi imam, di dominasi granit warna coklat, dilengkapi juga mihrab untuk khotbah Jum’at. Karpet warna hijau mendominasi di ruang utama masjid.

Bagi Mang Admin, sisi menarik masjid Nurul Hikmah adalah hiasan kaligrafi di kubah masjid, kalimah Asmaul Husna dengan khat huruf Arab yang tertulis indah, jika kita menengadah akan terlihat betapa kerennya kubah yang ditulisi kalimat kalimat dari nama nama ALLAH yang indah, baik, agung serta mulia.

Kubah masjid dengan lafaz Asmaul Husna(dokpri)

Tak berapa lama terdengar suara adzan Dhuhur, saatnya Mang Admin bersiap, menjelajahi setiap sudut bangunan masjid pun usai, kemegahan masjid yang serambinya ditopang dengan pilar berwarna putih, ruangan DKM, toilet serta pernak pernik masjid memberi banyak pengalaman baru tentang masjid Nurul Hikmah.
Semoga syiar agama Islam di komplek Pemerintahan Kabupaten Bekasi tetap ajeg, terus berharap agar masjid Nurul Hikmah merupakan tempat pembelajaran agama Islam yang kita cintai bersama.

Semoga di lain waktu bisa terus mengunjungi masjid masjid lainnya, menjelajahi bumi ALLAH, memotret, menceritakan kembali rumah ALLAH di tempat yang berbeda, semoga tulisan ini bermanfaat untuk sesama,aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *