Nginep Di Pesanggrahan Anjula

Rumah adat di anjungan provinsi Lampung(dokpri)

 

Taman Mini Indonesia Indah memang salah satu destinasi favorit di ibukota, dengan luas areal 150 hektare di kawasan Jakarta Timur. Disini kerap disebut miniaturnya Indonesia, ada anjungan provinsi provinsi yang ada di negeri tercinta.
Selain memang untuk project kebudayaan, anjungan di TMII pun bisa di gunakan untuk ragam keperluan, Mang Admin beberapa waktu lalu berada di anjungan Lampung untuk mengikuti kongres ASPEK Indonesia, karena kongres dilaksanakan dua hari maka tak pelak lagi harus menginap nih.

Yup anjungan provinsi Lampung rumah adat yang bernama Nowou Balak, rumah ini aslinya adalah rumah pemuka adat, rumah panggung yang besar dan terbuat dari kayupilihan. Ada juga Nowou SESAT, bangunan yang di peruntukan bagi umum dan tempat eksebisi, hall yang menjadi tempat kongres ASPEK Indonesia, di mana Mang Admin jadi pesertanya.

Selain itu ada Nowou Kattur, merupakan kantor dan juga perpustakaan. Eit ada lagi, ini yang akan di ceritakan di blog tercinta. Nama tempatnya adalah Pesanggrahan Anjula, Nama Anjula merupakan singkatan dari Anjungan Lampung, sebuah tempat menginap dengan deretan kamar kamar, yang bikin Mang Admin senang adalah posisi ranjang di Pesanggrahan Anjula.

Ini nih ranjang tingkat yang bikin girang Mang Admin(dokpri)

Deretan dipan atau ranjang terbuat dari kayu dan bertingkat, ya betul namanya ranjang tingkat yang dilengkapi anak tangga, sudah lama banget bisa tidur di ranjang beginian, dahulu banget Mang Admin bercita cita jadi tentara tapi nggak kesampaian sih hihi.
Di barak tentara itu lazim terdapat ranjang bersusun alias ranjang tingkat, rasanya keren saja melihat prajurit TNI tidur di ranjang bertingkat, melipat selimut dengan cepat dan kehidupan penuh disiplin.

Lorong Pesanggrahan Anjula(dokpri)

Nggak nyangka nih gegara nginep di Anjula bisa nyicipin tidur di ranjang tingkat ala para prajurit. Kamar yang Mang Admin tempati bernomor 2.06.10. Ada sekitar 5 atau 6 ranjang tingkat yang disediakan, dalam satu kamar bisa memuat 10 hingga 12 orang.
Ruangan di Pesanggrahan saling berhadapan sehinga terlihat lorong mirip apartemen atau rumah susun. Kalau kamar mandi terpisah dengan ruang tidur, nah pas bangun berbarengan ini yang rada repot sih karena harus beradu cepat untuk menggunakan toilet.

Saat Mang Admin nginep, ada rombongan sekolah sepak bola dari Lampung yang akan bertanding, suasananya pun jadi lebih ramai. Kenangan yang tak terlupakan menginap di Pesanggrahan Anjula, yang keren itu ranjang tingkatnya dan Mang Admin suka aja.

Mau mengadakan acara acara spesial, bisa tuh kontak anjungan Lampung. Mang Admin bersyukur bisa menginap di sini, seru banget, serasa berada di barak tentara aja deh, oh ranjang tingkat…love deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *