Darut Taqwa, Masjid Yang Diprakarsai Oleh Presiden RI Ke 2

 

Serambi masjid Darut Taqwa(dokpri)

 

Bila pembaca pernah menemukan persamaan bangunan dari masjid masjid yang pernah disinggahi, misalnya bentuk bangunan dan juga eksterior masjid berupa cungkup tiga dan makin mengecil ke atas, tak pelak lagi masjid tersebut kemungkinan besar dibangun dengan support dan sumbangan dari Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila.

Plakat Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila(dokpri)

 

 

Sependek pengetahuan Mang Admin, di daerah Bekasi, masjid tersebut ada di Islamic Center. Ternyata selain di Islamic Center, masjid besutan rezim Orde Baru yang ketua yayasannya adalah presiden Soeharto, tokoh penting dalam sejarah pemerintahan Republik Indonesia.

 

Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila merupakan sebuah yayasan yang dibentuk pada tanggal 17 Februari 1982. Paling tidak Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila telah membangun 999 masjid di Indonesia. Eit ternyata banyak banget ya, salah satu Masjid kreasi yayasan YABMP ada di kampungnya Mang Admin euy…luar biasa!

 

 

Masjid Jami Darut Taqwa yang berada di kampung Sukamantri, mang Admin sih di kampung Kandang, satu desa tapi beda lokasi, nah ini nih masjid peninggalan presiden RI ke 2.

Secara umum madjid bikinan YABMP adalah keseragaman arsitektur, yang membedakan adalah luas masjidnya saja. Masjid Darut Taqwa berada di belakang POM bensin Sukamantri, arealnya agak jauh dari jalan raya, plang masjid menjadi penanda dan kita pun mesti melangkah beberapa meter dari jalan menuju masjid ini.

Halaman masjid cukup luas, dari jalan raya ke masjid disediakan jalan penghubung dari beton cor coran. Letak kamar mandi dan tempat wudhlu agak berjauhan dengan bangunan masjid, ada juga serambi masjid yang cukup luas.

 

Tempat wudhlu yang agak berjarak dengan masjid(dokpri)

 

Ruang utama masjid lantai granit yang tampak terawat, dinding masjid bagian depan dihiasi keramik warna krem muda. Nggak nyangka juga nih masjid ini dibangun oleh Yayasan yang diketuai oleh kepala negara kita, meski rezim Orde Baru kerap dikonotasikan dengan rezim otoriter oleh sebagian orang, baik buruknya mereka pun telah membangun negeri ini.

 

Ruang utama masjid Darut Taqwa(dokpri)

 

 

Salah satu yang tersisa ya ini, masjid Darut Taqwa dan masjid masjid dengan tipikal yang sama dalam bentuk arsitektur yang seragam, dan khasnya adalah bentuk segitiga dalam atap masjid dan 3 susun itu merupakan ciri khas.

 

Penanda keberadaan masjid di gerbang depan(dokpri)

 

Kalau di telusuri, model masjid YABMP nggak mengikuti pakem masjid dengan bentuk kubah, namun keberadaan masjid ini tentunya sangat membantu warga sekitar. Semoga almarhum Haji Muhammad Soeharto di terima Iman Islamnya, diampuni segala khilafnya ketika memimpin Indonesia selama 32 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *