Masjid Al Manar TVRI

Ruang utama masjid dengan penerangan alami dari cahaya matahari(dokpri)

 

Televisi Republik Indonesia pernah menjadi satu satunya saluran televisi yang mengudara di Indonesia,selama hampir tiga dekade, TVRI menjadi kanal tunggal bagi jutaan rakyat Indonesia untuk menonton siaran, saat belum ada stasiun televisi swasta, TVRI adalah pusat audio visual informasi bagi penonton tanah air.

Menjelang tahun 90an saat televisi mengudara, pilihan saluran tivi pun makin banyak, pamor TVRI mulai tersaingi, saat ini TVRI harus bersaing untuk merebut hati penonton dan bersaing dengan televisi lain, menawarkan program program lainnya.
Duh senangnya masuk TVRI nih Mang Admin, mimpi jadi kenyataan, lha memang masuk tivi gitu? Hehe pernah sih sekali, itu juga dulu saat ke shoot saat demo di pertengahan tahun 2000, ternyata gitu ya rasanya masuk tivi.

Kali ini pun Mang Admin ke TVRI nih tapi cuma ke masjidnya saja, numpang sholat dhuhur, meski berada di pusat kota, masjid TVRI yang bernama Al Manar memiliki konstruksi tinggi yang melancarkan sirkulasi udara.

Masjid Al Manar tidak mempunyai pilar penopang di dalam masjid sehingga shaf sholat tidak terputus, bangunan masjid memiliki dua lantai, lantai atas biasanya di pergunakan untuk sholat jemaah perempuan. Masjid yang berada di komplek gedung TVRI tak jauh letaknya dengan gedung “kura kura” DPR RI.

Serambi masjid cukup luas, selain itu toilet masjid pun terkesan rapi dan bersih, tempat wudhunya ada beberapa bagian dengan sistem kran melingkar yang bisa mempercepat orang berwudhu karena kran yang tersedia cukup banyak.

 

Jalan menuju tempat wudhlu masjid Al Manar(dokpri)

Ruang utama masjid terpasang karpet warna merah, lampu kristal tergantung di tengah masjid, ada kaligrafi di dinding bagian depan masjid, mihrab untuk khotbah, rak rendah untuk tempat kitab suci dan juga kotak amal di bagian paling depan.

 

Pintu geser masjid yang memudahkan jamaah keluar masuk(dokpri)

Pintu masjid terbuat dari kaca dengan list besi yang bisa didorong, karena bagian samping kiri dan kanan masjid yang terbuat dari kaca, suasana ruang utama masjid terlihat terang sehingga tak memerlukan lampu karena cahaya matahari leluasa masuk dari jendela kaca.

Tangga penghubung menuju lantai dua(dokpri)

 

Masjid Al Manar TVRI di resmikan oleh Harmoko yang saat itu menjabat sebagai Menteri Penerangan, Masjid Al Manar diresmikan tepat saat Televisi Republik Indonesia memasuki usia perak atau 25 tahun.

24 Agustus 1987, masjid Al Manar diresmikan penggunaannya, alhamdulillah Mang Admin bisa nyampe juga nih ke masjidnya TVRI, berharap bisa ketemu si Unyil atau saja ada sutradara yang ngajakin main sinetron begitu, hihihi.

Seru banget bisa berkunjung ke masjid Al Manar TVRI, semoga Mang Admin bisa terus mengunjungi masjid masjid lainnya di seluruh nusantara atau mungkin masjid masjid di manca negara.

Semoga saja langkah kaki Mang Admin di mudahkan menuju masjid masjid lainnya dan menceritakan kembali pengalaman Mang Admin di rumah ALLAH. Tunggu ya kisah keren Mang Admin lainnya, tapi jangan lupa komen dong, ditunggu banget deh saran dan kritiknya di blog ini, salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *