Kuy Ah Ke Anjungan Jawa Barat Di Taman Mini Indonesia Indah

Prasasti yang menerangkan raja Purnawarman saat memerintah kerajaan Tarumanegara(dokpri)

 

 

Meski sudah beberapa kali mengunjungi tempat wisata di Jakarta Timur ini, namun rasanya nggak bosan bosan untuk mengeksplor keseruan. Yup Mang Admin mau cerita tentang Taman Mini Indonesia Indah nih, lokasi wisata ngetop di ibu kota ini memiliki luas 150 hektare dan salah satu tempat wisata favorit di Jakarta. Jika musim liburan sekolah, tempat inilah yang kerap menjadi objek wisata anak anak sekolah dari daerah daerah.

 

Taman Mini Indonesia Indah merupakan miniatur Indonesia, rumah rumah adat di seluruh provinsi di Indonesia ada di sini, nah kalau Mang Admin sih ke anjungan Jawa Barat deh mumpung lagi di TMII. Di gerbang masuk anjungan Jawa Barat di sambut dengan dua Kujang kembar, ada tulisan “Wilujeung Sumping Di Anjungan Jawa Barat” yang berarti Selamat Datang Di Anjungan Jawa Barat, ada juga hiasan huruf Sunda. Saatnya nih lihat lihat dulu suasana anjungan.

Ada prasasti” replika” Kebonkopi peninggalan kerajaan Tarumanegara dengan rajanya Purnawarman, ada cap kaki yang berada di atas batu hitam, konon prasati tersebut adalah melukiskan keagungan sang raja saat memerintah kerajaan. Lanjut lagi nih jalan jalannya, anjungan Jawa Barat di tata sangat resik, ada anjungan utama yang menyerupai bentuk keraton Kasepuhan, ada juga rumah panggung cantik dengan atap berbentuk limas, dindingnya terbuat dari anyaman bambu, bilik. Jadi ingat bentuk rumah di kampungnya Abah di Sukawening Garut ini mah.

Rumah panggung dengan dinding terbuat dari anyaman bambu(dokpri)

 

Ada juga taman keren yang berada di tepian danau, di taman tersebut ada tulisan I Love West Java, pohon pohon rindang menjadi peneduh dan tempat ini banyak menjadi incaran pengunjung anjungan untuk berpoto ria karena lokasinya instagramable bingit.

 

Ini lho taman cantik di tepi danau, seru untuk berselfie(dokpri)

 

Menyusuri anjungan Jawa Barat serasa menikmati alam Pasundan, ada sebutan bahwa Tuhan menciptakan tanah Pasundan dengan tersenyum mungkin ada benarnya juga, di kehidupan nyata, alam Pasundan memang luar biasa, membentang dari Bekasi hingga Cirebon, dari Sukabumi hingga Pangandaran maka keindahan alam dan juga keramahan penduduknya menjadi warna tersendiri.

Kalau mampir ke anjungan Jawa Barat, jangan lupa lho untuk mampir ke gerai cindera mata, ada koleksi koleksi kerajinan tangan yang bisa kamu beli, ada juga kaos kaos untuk anak anak dengan gambar yang menarik, kamu kenal si Cepot? Itu lho tokoh pewayangan yang sangat terkenal di Jawa Barat.

Gerai souvenir di anjungan Jawa Barat(dokpri)

 

Karakter Cepot yang jenaka di wayang golek, mukanya yang merah dan bergigi satu, bisa kamu beli untuk oleh oleh. Di jual juga instrumen musik khas Sunda yang terbuat dari bambu, ya kamu bisa dapetin calung di sini. Pokoknya seru banget deh berada di anjungan Jawa Barat, kamu bisa tahu di mana saja tempat tempat seru di provinsi Jawa Barat, tempat kuliner asyik dan juga tempat wisata seru yang ada di tanah Pasundan.

Dengan mengunjungi anjungan Jawa barat, kita bisa tahu tentang seluk beluk kehidupan masyarakat Jawa Barat, di tempat ini pula kerap di gelar acara acara seni dan budaya yang merupakan tradisi masyarakat Pasundan.

Mang Admin sih senang senang saja jalan jalan di Taman Mini Indonesia Indah, soalnya dahulu waktu zaman sekolah, nggak kesampaian euy berkunjung ke tempat ini, akhirnya bisa juga sampai ke Taman Mini Indonesia Indah dan menikmati keseruan di Anjungan Jawa Barat.

Yuk wisata ke Taman Mini Indonesia Indah, tiket masuknya terjangkau, kalau mau mengunjungi anjungan anjungan di TMII, tenang aja nggak usah bayar lagi deh. Pokoknya amazing banget euy bisa ke anjungan Jawa Barat. Kapan kapan ke Taman Mini lagi deh dan mengunjungi anjungan lainnya, pasti seru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *