Cari Tahu Penyebab Nyeri Tulang Belakang Bersama RS Premier Jatinegara

Pak dokter Wismaji memaparkan tentang nyeri tulang belakang(dokpri)

 

Bersemangat untuk ikutan acara Blogger&Vlogger Gathering yang diadakan oleh RS Premier Jatinegara, soalnya ngebahas tentang nyeri tulang belakang, pas banget soalnya akhir akhir ini disekitaran pinggang agak nyeri nyeri bagaimana gitu, yup cari tahu deh biar nanti lebih pasti kenapa bisa terjadi, sampai ke tempat tujuan masih sepi karena baru setengah tiga, acaranya sendiri baru jam empat sore dimulai, menjelang acara dimulai, dipanggil Mbak Sumiyati. Harus pakai kemeja putih untuk ikutan acara, waduh padahal udah pakai yang putih sih tapi kaos, akhirnya berkat bantuan teman yang berada di sekitaran Jatinegara, di pinjemin juga kemeja putih.

Ternyata sebelum acara perlu membaca brief dengan teliti biar nggak salah kostum, baiklah masalah kemeja sudah teratasi, saatnya untuk mendengar pemaparan dokter Wismaji Sadewo, Sp.BS(K), tadinya kalau nggak nemu kemeja, biar deh pulang pulang hehehe, tetapi memang takdir Mang Admin harus ikutan acara keren ini, dokter yang murah senyum ini memaparkan secara gamblang tentang nyeri tulang belakang, terus gimana dong cara menangani masalah nyeri tulang belakang, dokter yang yang merupakan Dokter Spesialis bedah Saraf dengan menyelesaikan Pendidikan Doktoral Ilmu Kedokteran di Fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2011.

Menurut pak dokter bahwa Low Back Pain terjadi karena adanya rasa nyeri yang terjadi pada sekitaran pinggang ke arah bawah, bisa jadi nyeri tersebut dirasakan juga pada bagian kaki, Low Back pain atau orang awam seperti kita ini menyebutnya sebagai nyeri pinggang, pinggang terasa cekat cekot dan beraktifitas pun menjadi terganggu. Pada dasarnya setiap orang rentan lho dengan nyeri tulang belakang ini. Ada beberapa profesi yang bisa saja mendapatkan cedera pada tulang belakang dan menyebabkan nyeri, seperti atlet atau juga penari, lho kok bisa?

Dengan seringnya mereka melakukan gerakan gerakan yang bertumpu pada tulang belakang maka resiko cedera sangat mungkin terjadi, menurut dr Wismaji Sadewo kasus LBP di Indonesia, usia pasien yang mengalaminya berkisar di umur 30 tahunan. Sebenarnya untuk menghindari resiko cedera nyeri tulang belakang bisa dilakukan juga nih gaes, seperti jangan membuat gerakan secara serta merta atau mendadak karena akan terjadi ketegangan pada otot, gerakan yang mendadak berakibat beban otot akan berlebih.

Terus ada juga tanda tanda lho jika terjadi nyeri tulang belakang, dan ini kalau dirasakan maka dianjurkan berkonsultasi kepada dokter, menurut pak Wismaji yang menamatkan pendidikan Spesialis Ilmu Bedah saraf di Universitas Indonesia tahun 2007, ada gejala gejala yang mungkin saja mengarah ke penyakit nyeri tulang belakang, seperti berat badan turun, terjadinya pembengkakan,nyeri ke arah kaki, cedera sebelumnya, gangguan berkemih, buang air besar tidak lancar. Acara Blog&Vlog Gathering ini di ikuti sekitaran 50 orang, tahu sendiri dong para blogger mah kalau sudah ada kesempatan bertanya langsung deh jari tangan keatas, mereka berantusias saat ada sesi tanya jawab, seperti Mbak Tamita yang merupakan blogger traveling femes yang berkesempatan untuk bertanya yakni tentang air kelapa dan penyembuhan nyeri pada tulang belakang. Beberapa blogger pun rame rame bertanya yang di jawab dengan runut oleh pak dokter Wismaji.

Peserta gathering menyimak penjelasan nara sumber(dokpri)

Menarik banget nih ketika Mang Admin berada di ruangan lobby RS Premier Jatinegara, jadi banyak tahu tentang seluk beluk nyeri punggung belakang, tentang penggunaan tas punggung yang lebih aman untuk tulang belakang atau penggunaan botox bisa lho melumpuhkan otot yang disuntikan kedaerah yang kejang, atau juga tentang manfaat renang yang merupakan fisioterapi terbaik untuk mengatasi masalah tulang belakang, beruntung saja nih Mang Admin nggak jadi memutuskan pulang saat acara gegara nggak pakai kemeja. Manfaatnya banyak banget ikutan gathering di RS Premier Jatinegara.

Rezeki anak sholeh, dapetin door prize nih alhamdulillah(dok Bu Sumiyati)

 

Acara pun makin meriah ketika pembawa acara menyebutkan ada sebelas door prize yang akan dibagikan kepada peserta gathering, dan beberapa blogger yang beruntung bisa mendapatkan gift menarik dari RS Premier Jatinegara, mungkin berkah pinjaman kemeja putih dari teman, akhirnya Mang Admin menjadi salah satu peserta gathering yang dipanggil untuk mendapatkan door prize, rezeki anak sholeh ini mah.

Keseruan gathering di tutup dengan sesi poto bareng. Terima kasih untuk pihak RS Premier Jatinegara yang telah mengadakan acara keren ini, nambah ilmu ini mah, terima kasih juga untuk IWITA Indonesia, pokoknya mah acara ini asyik banget deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *