Mengupas Kebermanfaatan IoT, Widya Matador Membersamai Tingkatkan Profitabilitas Bisnis

 

Jalan panjang revolusi industri yang muncul pada abad ke 18 dan 19 dengan munculnya, teknologi mesin uap yang merubah secara radikal penggunaan tenaga manusia dan juga hewan, kemudian sejalan dengan berjalannya waktu, kini revolusi industri keempat atau industri 4.0 menemani kehidupan manusia.

Salah satu pemanfaatan yang signifikan adalah hadirnya Internet of Things(IoT) yang semakin mempunyai peranan untuk mempermudah kehidupan manusia. Apa kabar kebermanfaatan Iot di tanah air tercinta? Bahwa perangkat IoT di Indonesia diperkirakan berada angka 400 juta  di tahun 2022.

Diprediksi pada tiga tahun kedepan akan menuju 678 perangkat pada 2025. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnnny G Plate menyebutkan bahwa nilai pangsa IoT alami peningkatan dari 355 triliun di tahun 2022 menjadi  557 triliun di tahun 2025. Sudah siap dong menyambut era teknologi digital atau juga fase yang disebut banyak orang sebagai The Next Big Thing.

Semoga tumbuh kembangnya IoT tak tertinggal dengan negara lain, bahwa fakta mengawinkan teknologi yang berkembang di era sekarang dan juga inovasi akan memudahkan manusia. Di setiap manusia saat ini bersentuhan dengan IoT, mulai dari sistem transportasi, medis, produk manufaktur, infrastruktur hingga pariwisata.

Jangan lupa bahwa teknologi IoT dapat diaplikasikan di bidang bisnis, olahan data dan sistem informasi yang akurat, akan memberikan kemdahan kepada penggunanya, sehingga waktu pun menjadi lebih singkat, dunia bisnis bersisian dengan hasil yang didapat melalui produk dan jasa, semakin meningkatnya produktifitas. Perusahaan akan semakin lincah meningkatkan profitabilitas bisnis.

 

Dari Sleman Untuk Indonesia, Peningkatan Performa Bisnis Karena IoT Adalah Keniscayaan

Salah satu perusahaan yang concern untuk penerapan teknologi Internet of Things adalah Widya Matador, memiliki produk unggulan yang bernama Matador Tracker sehingga efektifitas dan juga keamanan di lingkungan kerja semakin terjaga. Solusi bisnis menjadi keniscayaan. Bahkan Matador Tracker misalnya memberi keunggulan untuk informasi kendaraan yang dikemudikan, pantauan kendaraan secara realtime membuat siapa pun lebih aman ketika berkendara.

Adapun fitur unggulan dari Matador Tracker adalah GPS Tracking, Operational Monitoring, Geofencing, Comprehensive Report, On-device data storage, Custom input, Optional addon sensor, Temperature sensor, Fuel sensors. Dengan segala kelengkapan fitur yang menyertainya, tak heran bila pantauan perilaku pengemudi bisa dilakukan,

Hal yang mampu Matador Tracker lakukan yaitu mendiagnosa pada kendaraan. Namun kebutuhan pengguna juga diperhatikan, misalnya bila menginginkan penambahan sensor atau add-ons juga bisa lho, produk asal Sleman ini memang paling mengerti, sehingga pengelolaan aset perusahan bisa dilakukan secara tepat.

 

Matador Glass Kacamata Cerdas Untuk Keselamatan

Hampir setiap hari kita menyaksikan perubahan yang terjadi di sekeliling kita, entah itu hadirnya hape dengan kecanggihan yang bisa kita melongo, atau juga percepatan di bidang teknologi transportasi, sehingga ketika sedang dalam perjalanan terasa nyaman dan juga memberikan rasa aman.

Begitu juga yang dilakukan oleh Widya Matador dengan produk unggulannya yang bernana Matador Glass, apa saja sih fitur fitur canggih yang menyertainya, ada Audio Video Stream, Share Screen and Chat Room, Hands-Free Operational dan Remote Monitoring. Saatnya industri tanah air melirik Matador Glass untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan.

Pekerjaan akan lebih berkualitas karena Matador Glass mampu menayangkan apapun bagi mereka yang menggunakannya. Pengoperasiannya juga nggak ribet dan njelimet, cukup dengan voice command atau perintah suara maka perangkat dapat dipergunakan, canggihnya Matador Glass ini memang bukan kaleng kaleng.

Pasti dong makin penasaran dengan yang namanya Matador Glass ini, teknologi kekinian dibenamkan di Matador Glass, bukti sahihnya adalah dengan kamera beresolusi 8 MP dengan SONY IMX179 CMOS Sensor dan diproses oleh chipset Allwinner H3 Quad-core Cortex @ 1GHz sehingga tampilan videonya dapat diandalkan. Tak seru bila nggak membincang audionya,  Matador Glass mempunyai microphone dengan frekuensi response 100 Hz-16kHz.

Tahu nggak sih gaes bahwa dengan penggunaan Matador Tracker akan menghemat operasional hingga 30%, dalam hal ini perusahaan akan lebih diuntungkan karena mampu meminimalkan kerusakan kendaraan ataupun armada yang dimiliki perusahaan. Jangan lupa nih merutinkan dan juga memantau Matador Tracker Dashboard monitoring

 

 

 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lebih Optimal dengan Penggunaan IoT

 

 

Keselamatan dan kesehatan kerja harus terus diperhatikan(dokpri)

 

 

Jumlah kecelakaan kerja di Indonesia pada tahun 2021 yang tercatat di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) Ketenagakerjaan mencapai 234.270 kasus, jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencatat 221.740 kasus, naik 5,65%. Bagaimana meminimalisir agar jumlah kecelakaan bisa dilakukan?

Alat Perlindungan Diri seperti helm, sepatu, sarung tangan acapkali “penyelamat” bagi pekerja ketika terjadi peristiwa kecelakaan kerja, misalnya kepala lebih terlindungi helm saat kejatuhan benda, penggunaan IoT akan lebih efektif lagi bagi para pekerja agar pencegahan dapat dilakukan lebih dini.

Dengan sensor yang terpasang di APD, maka pelacakan dan juga olahan data bisa diketahui secara presisi. Jaringan internet akan mengumpulkan informasi yang diperlukan semisal tentang denyut jantung pekerja atau pun suhu tubuhnya, data ini bisa memberikan keakuratan secara langsung sehingga meminimalkan kecelakaan kerja.

Dalam teknologi IoT koneksi adalah kunci, bukan sesuatu yang aneh jika pada akhirnya keselamatan dan kesehatan pekerja terhubung dengan jaringan internet, dunia industri bisa meminimalkan kecelakaan kerja. Teknologi itu dinamis dan memberi manfaat bagi manusia, kebermanfaatan inilah yang membuat kualitas pekerjaan semakin mumpuni.

Seberapa Penting IoT Meningkatkan Kualitas Hidup

Salah satu nikmat yang patut kita syukuri adalah nikmat kesehatan, banyak orang malah berani “membuang uang” agar tetap bugar, membeli peralatan gym atau juga menjaga kesehatan agar kualitas hidup tetap terjaga. Dibalik semua itu tersembul sebuah tanya, akankah era kekinian kualitas hidup akan lebih baik dengan menyertakan teknologi IoT?

Sangat mungkin terjadi bahwa dikemudian hari atau malah telah terjadi di hari ini tugas manusia telah digantikan oleh yang namanya IoT memberikan andil dan berdampak kepada transformasi ekonomi dan juga gaya hidup manusia. Semuanya dapat terhubung dengan jaringan internet.

Menarik untuk disimak pendapat Prof Eryk Dutkiewicz yang merupakan peneliti dari Macquarie Univeristy Australia, IoT meningkatkan kualitas kesehatan manusia, pemeriksaan organ tubuh dapat dilakukan melalui tracking dan monitoring. Proses operasi semakin terbantu dengan hadirnya Iot, dunia medis mampu melakukan identifikasi dan autentifikasi.

Semoga saja rakyat Indonesia yang saat ini lebih akrab dengan namanya internet, semakin sadar bahwa memang IoT telah berada ditengah tengah kita, keberadaanya bukanlah sebagai rival manusia, namun lebih mempermudah manusia untuk beraktifitas. Kehidupan manusia akan seiring sejalan dengan teknologi Internet of Things.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *