Mengintip Keberadaan Rusa Totol Di Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati nampak dari arah parkiran mobil(dokpri)

 

Istana Bogor dengan koleksi Rusa totol(Axis axis) begitu lekat di mata publik, konon rusa yang ada di istana Bogor merupakan hewan yang berasal dari negeri Nepal dan keberadaannya cukup lama di istana dan berkembang biak. Nah ngomong ngomong soal rusa totol untuk warga Kuningan dan sekitarnya nggak perlu jauh jauh deh ke Bogor untuk melihat dari dekat keberadaan rusa totol ini.

Rusa jantan tampak berjalan anggun di areal kandang(dokpri)

Saat Mang Admin jalan jalan ke gedung perundingan Linggarjati, satu hal yang baru adalah hadirnya rusa totol di halaman gedung perundingan Linggarjati, terlihat sih baru sepasang rusa, yang jantan dengan tanduk yang mencuat, meski baru dua ekor nmun kehadiran rusa totol ini cukup membuat pengunjung sedikit terhibur, berbeda dengan rusa rusa istana Bogor yang berkembang biak dengan populasi cukup banyak, dan pengunjung istana bisa bebas memberikan wortel.

Nggak perlu ke kota Bogor untuk melihat rusa totol, cukup ke Kuningan aja deh(dokpri)

Rusa totol di gedung perundingan Linggarjati tak sembarangan di beri pakan oleh pengunjung, adea larangan yang tertera di kandang rusa berupa himbauan agar pengunjung tak memberikan makanan kepada rusa, kecuali adi izin khusus dari petugas, saat Mang Admin hadir tampak para pengunjung sedang mengamati pergerakan rusa. Hadirnya rusa totol ternyata memberi dampak positif untuk jumlah kunjungan di gedung perundingan Linggarjati. Selain memang tempatnya bersejarah, kita pun dapat menikmati fauna khas negeri Tibet ini.

Untuk masuk ke kawasan gedung, para pengunjung hanya membayar tiket sebesar dua ribu rupiah. Sedangkan akses menuju tempat bersejarah ini sangatlah mudah. Dari Terminal Cilimus naik saja angkot jurusan Cilimus-Linggarjati, atau mungkin yang turun dari arah Cirebon naik saja elf jurusan Cirebon-Kuningan dan berhenti di perempatan Bandorasa, di sana ada papan penunjuk arah ke gedung perundingan.

Ayo berwisata ke Kuningan, tempatnya keren keren dan salah satunya adalah gedung bersejarah ini(dokpri)

Alternatif lain adalah jalan Mandirancan-Cilimus dan menuju ke desa Pakembangan, jalur ini termasuk jalur favorit karena di daerah Cibereum yang mempunyai destinasi wisata yaitu Leuweung Monyet dan juga sebuah tebing yng bisa untuk selfie dan instagramable banget deh. Pokoknya untuk menuju akses gedung perundingan Linggarjati sangat mudah dan dengan ongkos yang terjangkau. Yang menarik jika mengunjungi tempat tempat wisata di daerah Kuningan adalah mulusnya akses jalan beraspal yang membuat nyaman para pengunjung, meski memang harus di akui jalanan di daerah Kuningan cukup sempit untuk papasan dua mobil.

Jika penasaran dan kepo banget dengan hadirnya rusa totol, kayaknya sih cukup pas untuk mengunjugi gedung naskah perundingan Linggarjati, suasana sejuk pegunungan, kontur halaman gedung yang berundak undak dan juga hamparan rumput hijau di sertai latar belakang dari menjulangnya gunung Ciremai membuat suasana hati pun terasa adem. Dan jangan lupa lho kita pun bisa belajar sejarah tentang diplomasi saat bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan, bahwa apa yang di perjuangkan bapak bangsa ternyata berdampak banyak dalam segala segi kehidupan di Indonesia.

Nah gitu deh cerita Mang Admin saat bertandang ke gedung perundingan Linggarjati, koleksi rusa totol menambah semarak suasana dari asri nya gedung. Liburan tak harus mengeluarkan budget dengan berlebih, Kuningan kini merias diri untuk membenahi tempat tempat wisata, tunggu aja cerita Mang Admin seputar tempat wisata ke kinian di daerah Kuningan dan jangan lupa ya kasih komentar ataupun kritikan terhadap blog kesayangan jalandanmakanseru.com. Yuk saatnya pamit dulu karena Mang Admin lagi nyiapin ragam cerita tentang kuliner dan juga tempat tempat seru lainnya.

Penulis: Topik Irawan

Blogger biasa yang suka jalan dan makan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *