Mengapa Nasi Berkat Terasa Nikmat?

Nasi berkat dengan sambel goreng kentang(dokpri)

Hai semua,alhamdulillah sudah di bulan November nih.Bulan ke sebelas dan itu tandanya kita semua menuju etape akhir ditahun 2018.Hampir 7 bulan blog kesayangan ini hadir dan menemani kita semua dengan ulasan tempat tempat wisata dan juga kulineran seru.

Mumpung lagi nyantai meski belum liburan ke pantai hihi, pantengin terus blog ketjeh ini ya.Kali ini Mang Admin mau ngebahas tentang “Berkat”. Apa sih berkat? Nah kalau yang udah tahu mah pasti senyum senyum simpul.Yang belum tahu,Mang Admin kasih bocoran dikit deh.

Berkat adalah sebuah bungkusan yang berisi makanan matang, yang terdiri dari nasi dan juga lauk pauknya.Wadahnya di sebut besek atau ditempat Mang Admin di daerah Kuningan Jawa Barat ada yang menyebut sebagai pontrang.

Berkat ada di setiap acara kenduri dan nggak pernah absen lho meski event nya itu pernikahan,sunatan atau bahkan dalam moment duka cita seperti kematian.Entahlah apakah ini budaya yang ada di Nusantara. Baik itu suasana suka cita maupun duka cita,kuliner hadir.

Nah ngomong ngomong soal berkat itu sendiri,Mang Admin selalu heran lho, entah kenapa menu berkat kok ngangenin,tetap enak disantap meski menunya sederhana.Mungkin ini efek di doain kali ya.Makanan yang di doain orang banyak rasanya lebih beda gitu, ini sih pendapat Mang Admin ya.Bisa jadi pembaca pun merasakan hal yang sama?

Sayur kedelai dan ayam dalam hidangan berkat(dokpri)

Yuk kita bedah apa aja sih menu berkat.Karena Mang Admin menghabiskan masa kecil di desa Rajawetan maka ngulik dulu deh berkat yang ada di desa tercinta.Isi berkat adalah nasi dan juga lauk pauk,secomot sambal goreng kentang,ada juga sayur kacang kedelai,bihun goreng,telur rebus.Berkat juga di isi kue kue tradisional khas Kuningan seperti Papais Monyong,Papais geplek.
Berkat juga menyertakan buah pencuci mulut yakni pisang.Berkat makin komplet dengan isian yakni Tumpi,sejenis krupuk deh dengan bentuk pipih bundar,kadang juga raginang dimasukan ke dalam berkat.

Di setiap daerah variasi isian berkat mungkin berbeda dan tergantung makanan khas daerah tersebut.Siapa yang pernah nungguin berkat berarti hidupnya bahagia.

Papais monyong dan pisabg,pencuci mulut dalam menu berkat(dokpri)

 

Berkat bagian dari tradisi di Indonesia dan memperkaya khazanah kuliner tanah air,salah satu kearifan lokal yang masih ada.Menyantap berkat dan dikeroyok rame rame oleh seluruh keluarga adalah sensasi yang keren banget.Kamu mau berkat?Tunggu undangan dulu ya….wkwkwk