Satu Senja Bulan Ramadhan Di Masjid Riyadush Sholihin Kebun Raya Residence Bogor

Jamaah yang usai melaksanakan sholat Ashar di Masjid Riyadush Sholihin(dokpri)

 

Terdengar nyaring suara adzan bergema saat angkot baru saja sampai di sebuah rumah yang terletak di perumahan Kebun Raya Residence Bogor, beberapa jenak istirahat dan meminta izin ke si empunya rumah untuk menuju sumber suara adzan mengalun syahdu. Berjalan menapaki aspal perumahan yang terlihat mulus dan juga kanan kiri tanaman yang terlihat rindang. Beberapa meter kemudian belok kanan dan menuju ke sebuah taman kanak kanak Safinah.

Bagian samping masjid yang menuju akses tempat wudhlu(dokpri)

Ada undakan dari semen untuk jalan penghubung antara TK dan masjid, lurus sedikit dan belok kanan terdapat tempat wudhlu pria. Pemisahan letak tempat wudhlu pria dan wanita, ada jalur penghubung menuju ke dalam masjid. Tiba di dalam udara terasa seju, maklumlah air conditioner dan juga kipas angin terpasang di setiap pojok masjid, ada jam elektronik penanda waktu sholat, ruangan imam beserta mimbar, karpet berwarna hijau tergelar menambah asri tempat sholat.

Halaman depan masjid yang memiliki multi fungsi(dokpri)

Kumandang iqomah menghentikan pengamatan Mang Admin. Hening dalam suasana syahdu sholat Ashar, suasana Ramadhan terlihat di masjid ini. Beberapa jamaah memilih membaca Quran seusai sholat jam’ah. Mang Admin mengitari masjid untuk sekedar ingin tahu bagaimana masjid Riyadhush Sholihin mengadakan beberapa kegiatan untuk syiar Islam ini. Masjid yang terletak di Jalan Mahoni Raya E 26  Kebun Raya Residence ini sepertinya di konsep sebagai tempat dengan titik tengah dari rumah rumah warga, dengan letak lebih tinggi di banding rumah sekitar, ada beberapa undakan untuk menuju ke masjid.

Jam elektronik penunjuk waktu sholat(dokpri)

Telihat papan pengumuman masjid dengan kegiatan yang akan di adakan dan juga kegiatan kegiatan di masjid lain yang tertempel di mading kaca masjid Riyadush Sholihin. Halaman masjid terpasang paving block dengan di lengkapi tenda, mungkin di pergunakan untuk jamaah sholat tarawih. Bentuk pintu masuk baik samping kiri dan kanan di hiasi ornamen segi delapan dengan dua daun pintu, untuk motif keramik luar terpasang warna coklat muda dan dinding luar berwarna cream.

Nah pas waktu Maghrib ini nih yang seru, DKM masjid menyediakan takjil kepada jamaah yang hadir, selain itu juga mereka pun membagikan nasi box untuk para pengunjung masjid yang mungkin nggak sempat berbuka di rumah. Suasana Ramadhan memang selalu spesial, beruntung bisa mengamati masjid yang nyaman ini, meski hanya kunjungan singkat dan menumpang sholat Ashar dan Maghrib namun kesannya begitu luar biasa.

Yuk kita terus jaga masjid, dan memakmurkannya dengan cara sholat berjama’ah dan bukankah sholat berjama’ah mendapatkan 27 x lipat ganjaran di bandingkan sholat sendirian. Semoga warga perumahan Kebun Raya Residence bisa terus menjaga kedamaian baik di lingkungan masjid atau pun dengan para warga yang bukan beragama Islam. Sejenak menikmati gaya arsitektur masjid Riyadush Sholihin dan duduk selonjoran di atas karpet hijau yang tebal.

Yup jika pengen berkunjung ke tempat ini, masjid Riyadush Sholihin, cari saja perumahan Kebun Raya Residence, dengan akses jalan perumahan yang nggak rumit, masjid ini bisa dengan mudah di cari, atau kalau masih ragu lebih baik nanyain ke petugas sekuriti yang berjaga di pintu gerbang perumahan. Yuk ah udahan dulu cerita kunjungan Mang Admin ke masjid yang berada di perumahan Kebun Raya Residence. Lain kali Mang Admin ceritain juga keunikan masjid masjid yang ada di Indonesia dan mungkin dunia, itu sih Mang Admin ngarep banget deh hehe. Oke dan sampai jumpa di masjid berikutnya, salam jalan jalan dan makan.

Penulis: Topik Irawan

Blogger biasa yang suka jalan dan makan

3 thoughts on “Satu Senja Bulan Ramadhan Di Masjid Riyadush Sholihin Kebun Raya Residence Bogor”

  1. Mang Admin… Keren ya selalu report mesjid yang disinggahi. Bisa sekaligus kasih saran dan kritik yang membangun ya. Semoga dimudahkan dan diberikan kesempatan untuk dapat mengunjungi masjid masjid di berbagai penjuru wilayah. Amin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *